Serunya ACT Tasikmalaya Ngabuburit dengan Berbagi Takjil

Tiap menjelang waktu berbuka ACT Tasikmalaya dibantu relawan serta berbagai komunitas membagikan takjil kepada pengguna jalan

ACTNews, TASIKMALAYA – Jalanan ramai di sekitar kantor Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tasikmalaya di Jalan Ir. H. Djuanda, Cipedes, Tasikmalaya. Lalu-lalang pengendara riuh, suasana khas menjelang berbuka puasa. Warga banyak menghabiskan waktu di luar rumah. Mereka mencari makanan untuk berbuka puasa atau hanya sekadar ngabuburit, atau menghabiskan waktu menunggu Magrib tiba.

Tim ACT Tasikmalaya, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), dan berbagai komunitas di Tasikmalaya ikut turun ke jalan untuk ngabuburit. Alih-alih berburu hidangan iftar, mereka membagikan paket takjil untuk pengguna jalan yang melintas di depan kantor ACT Tasikmalaya. “Berbagi takjil ini merupakan salah satu program selama Ramadan dari ACT Tasikmalaya,” ungkap Fauzi dari Tim Program ACT Tasikmalaya, Selasa (14/5).

Fauzi menambahkan, selain berbagi makanan, pemberian takjil kepada pengguna jalan juga menjadi cara ACT Tasikmalaya mengedukasi masyarakat untuk berbagi kepada sesama, terlebih saat Ramadan. “Kita manfaatkan momen Ramadan ini untuk meningkatkan kualitas diri,” tambah Fauzi.

Selain berbagi takjil, ACT Tasikmalaya juga akan menghadirkan Humanity Food Van pada Ramadan ini. Minibus yang disulap menjadi mobil pembawa makanan ini akan menjelajah Tasikmalaya untuk berbagi hidangan berbuka puasa.

Sebelumnya, Humanity Food Van juga tersedia di beberapa kota di Indonesia, salah satunya di Medan. Tahun lalu, mobil itu dibawa ke berbagai desa yang terdampak erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo. Tim ACT Sumut dan warga di sekitar Sinabung berbuka puasa bersama dengan sajian menu dari Humanity Food Van. Sinabung dengan kepulan asap di puncaknya menjadi latar belakang. []