Setelah 50 Tahun, Musala Baitu Nur Kini Punya Fasilitas Sanitasi

Jemaah Musala Baitu Nur di Desa Koper, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, biasanya memanfaatkan air dari tampungan hujan untuk berwudu. Kini mereka memiliki sanitasi baru.

bantuan mck musala
Sejak Musala Baitu Nur berdiri sejak tahun 1967, warga hanya memanfaatkan tampungan air hujan dari sebuah bak di belakang musala. (ACTNews)

ACTNews, TANGERANG – Musala Baitu Nur memang terlihat sederhana. Tempat peribadatan yang berdiri di atas tanah wakaf ini memiliki kondisi bangunan yang memprihatinkan, bahkan awalnya tak memiliki fasilitas sanitasi bagi para Jemaah. Hanya ada satu bak besar penampung air hujan bagi para jemaah musala.

Musala yang terletak di wilayah Desa Koper, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang itu, sudah dari tahun 1967 membersamai kegiatan agama masyarakat. Terhitung, sudah 50 tahun jemaah mengandalkan air hujan. 

Rodi Maryanto dari Tim Global Wakaf-ACT Tangerang menjelaskan, para jemaah hanya mengandalkan air hujan yang ditampung dalam bak semen. Saat musim kemarau, mereka memanfaatkan sumber air dari rumah warga atau sungai,” terang  Rodi, Kamis (24/6/2021).


Juni ini, Global Wakaf-ACT membangun satu unit Sumur Wakaf untuk masyarakat di Desa Koper. Pembangunan sumur bor sedalam 50 meter ini diharapkan menjadi sumber air baru bagi warga sekitar dan terkhusus jemaah musala.

“Sumur Wakaf ini salah satu wujud wakaf Sahabat Dermawan. Ikhtiar ini sangat membantu penghidupan masyarakat yang membutuhkan, bukan sekedar satu atau dua orang,” kata Rodi.


Kini sebuah fasilitas sanitasi dan MCK telah dibangun di Musala Baitu Nur untuk memudahkan ibadah warga. (ACTNews)

Selain membangun Sumur Wakaf, Global Wakaf-ACT juga menanam puluhan pohon mangga wakaf sebagai upaya pemberdayaan di Desa Koper.

Wilan salah seorang warga, mengucapkan syukurnya dengan hadirnya program-program dari Global Wakaf-ACT ini. “Alhamdulillah, kami ucapkan terima kasih kepada Global Wakaf-ACT yang telah membangunkan Sumur Wakaf. Semoga Global Wakaf-ACT beserta para dermawan diberikan keberkahan oleh Allah SWT,” ucap Wilan.[]