Setengah Juta Liter Air Bersih Sudah Jangkau Priangan Timur

Sampai akhir September 2019, lebih dari 500 ribu liter telah didistribusikan ke enam kabupaten/kota di wilayah Priangan Timur.

Setengah Juta Liter Air Bersih Sudah Jangkau Priangan Timur' photo
Pembagian air bersih difokuskan di Tasikmalaya, yang paling terdampak kekeringan. (ACTNews)

ACTNews, TASIKMALAYA - Sejumlah daerah di Priangan Timur dilanda kekeringan. Keberadaan air menjadi barang langka saat ini, sehingga bantuan air bersih amat dibutuhkan masyarakat setempat. Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tasikmalaya pun secara berkala mengirimkan pasokan air bersih untuk warga terdampak.

Sampai akhir September 2019, lebih dari 500 ribu liter telah didistribusikan ke enam kabupaten/kota di wilayah Priangan Timur. Mereka di antaranya Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Garut, Kota Banjar, dan Kabupaten Ciamis.

“Alhamdulillah berkat bantuan semuanya, kami bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) - ACT Tasikmalaya sudah menyampaikan amanah dan mendistribusikan lebih dari setengah juta liter air bersih untuk warga yang terdampak kekeringan di Priangan Timur,” terang Fauzi dari Tim Program ACT Tasikmalaya, Sabtu (5/10).

Tasikmalaya menjadi tempat yang difokuskan untuk pendistribusian air bersih. Hal ini mengingat Tasikmalaya menjadi salah satu tempat terdampak kekeringan cukup parah. Setidaknya lebih dari 16 kecamatan mengalami kekeringan dan lebih dari 100 ribu jiwa yang terdampak kekeringan di Tasikmalaya. 

“Tapi kita juga tetap menjangkau daerah yang terdampak kekeringan lainnya seperti di Ciamis, Pangandaran, dan Garut,” imbuh Fauzi.

Pendistribusian air bersih akan tetap berlangsung hingga musim kemarau berakhir. “Sudah setengah juta liter air bersih yang didistribusikan dan pendistribusian air bersih ini insyaallah akan tetap berjalan. Sebelumnya rata-rata kami mendistribusikan 14 tangki air per minggu,” terang Fauzi. 

Melengkapi program pendistribusian air bersih, ACT Tasikmalaya turut membangun Sumur Wakaf sebagai solusi jangka panjang untuk mengatasi kekeringan. Saat ini sudah ada 3 Sumur Wakaf yang dibangun di Tasikmalaya. []

Bagikan