SFPI Hubungkan Keluarga Indonesia dengan Keluarga Anwar di Palestina

Kemiskinan yang dialami keluarga Anwar Salem Shaheen adalah potret sebagian besar keluarga Palestina. Melalui program Sister-Family Palestine-Indonesia (SFPI) yang diluncurkan ACT beberapa waktu lalu, Sahabat Dermawan bisa membantu keluarga Anwar untuk bertahan hidup

Keluarga Anwar Salem Shaheen di rumah yang jauh dari kata layak. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Krisis yang terjadi di Jalur Gaza, Palestina, membuat ekonomi keluarga yang bermukim di daerah tersebut tidak bisa bangkit. Banyak dari mereka yang harus hidup dalam kemiskinan. Banyak dari keluarga Palestina tidak mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari, tinggal di rumah yang tidak layak, berpindah tempat karena dibombardir, dan tidak mampu menempuh pendidikan. 

Salah satu potret itu terlihat dari keluarga Anwar Salem Shaheen yang bertempat tinggal di wilayah Nuserait, Gaza. Wilayah ini merupakan salah satu wilayah pengungsian internal Palestina yang padat penduduk. Ditempat ini tidak ada pasokan listrik, tingkat pengangguran dan kemiskinan tinggi, dan air yang tercemar.

Keluarga Anwar juga mengalami kondisi ini. Kerjaan yang tidak menentu, tidak ada listrik, pemasukan tidak tetap, dan makanan tidak sehat karena air yang kurang bersih. Mereka tinggal di tenda yang dindingnya hanya berupa terpal yang penuh tambalan. Tenda ini juga tak mampu melindungi ia dan keluarga dari cuaca buruk.

“Bahkan, ibu kami menderita penyakit tiroid. Namun kami tidak punya biaya untuk membawanya berobat ke fasilitas kesehatan,” cerita Anwar kepada tim ACT Palestina Februari lalu. Ia dan keluarganya harus bisa sabar menghadapi keadaan. 

Dukung Keluarga Anwar Melalui Program Sister Family Palestine-Indonesia

Aksi Cepat Tanggap mengajak keluarga Indonesia untuk membantu keluarga Anwar dan sejumlah keluarga prasejahtera Palestina yang lain. Dukungan tersebut digagas melalui Program Sister Family Palestine-Indonesia.

Said Mukaffiy dari Global Humanity Response - ACT menjelaskan, melalui Sister Family Palestine-Indonesia Sahabat Dermawan dapat memberikan dukungan berupa pangan, pakaian, perlengkapan masak, alas tidur, listrik, dan kesehatan. Ke depan juga ada bantuan sewa tempat tinggal dan biaya sekolah. 


Paket pangan jadi salah satu bantuan berkala untuk keluarga Palestina. (ACTNews)

“Misalnya ada keluarga yang ingin berkontribusi ingin mendukung keluarga bapak fulan di Palestina, selama enam bulan, atau satu bulan, kita berikan profilnya. Program ini memang sangat bersifat pengikatan emosional. Kita sandingkan family to family,” ujar Said.

Aksi Cepat Tanggap melalui berbagai kanal penggalangan dana Indonesia Dermawan dan Philantrophy Care Line akan akan mengumpulkan bantuan yang nantinya disalurkan kepada keluarga Palestina yang berhak.[]