Shadaqah Day Ramaikan Ramadan di Sabang

Shadaqah Day kembali ACT gelar di Aceh, kali ini tepatnya di Kota Sabang. Menghadirkan berbagai narasumber, acara ini berlangsung untuk memberikan semangat kedermawanan.

shadaqah day
Syeikh Fadi Abdal Gani memakaikan syal kepada Faisal Anwar sebagai rasa terima kasih kepada masyarakat Kota Sabang. (ACTNews)

ACTNews,  SABANG Shadaqah Day kembali Aksi Cepat Tanggap (ACT) gelar. Kali ini, didukung relawan Masyarakat Relawan Indonesia, acara tersebut terselenggara di Aula Kantor Wali Kota Sabang, Senin (25/4/2022). Acara ini dihadiri oleh Pemerintah Kota Sabang dan masyarakat umum sebagai peserta serta Syekh Fadi Abdal Gani, Walikota Sabang yang diwakili oleh Asisten 2 Faisal Azwar dan Kepala Regional ACT Sumbagut Husaini Ismail, sebagai pemateri.

Dalam acara kali ini, materi terkait kondisi Palestina menjadi penyampaian utama. Syekh Fadi Abdal Gani mengatakan, di bulan Ramadan, penjajahan Israel masih berlanjut, bahkan semakin meningkat.

“Di bulan Ramadan, di mana seharusnya bisa beribadah dengan nyaman dan aman malah sebaliknya, cucuran air mata dan letusan senjata memenuhi setiap sudut Masjid Al-Aqsa,” ungkapnya.

Syekh Fadi Abdal Gani pun menjelaskan betapa berharganya Masjid Al-Aqsa. Masjid penuh sejarah tersebut bukan hanya milik muslim Palestina saja, akan tetapi seluruh umat Islam di seluruh dunia. Sehingga, Masjid Al-Aqsa merupakan tanggung jawab bersama, begitu pun kemerdekaan Palestina.

Menanggapi penjelasan Syekh Fadi Abdal Gani, Wali Kota Sabang yang diwakili oleh Asisten 2 Faisal Azwar mengatakan, Pemkot Sabang akan selalu hadir untuk membantu rakyat Palestina. Ia pun menyebutkan bahwa apa yang telah dilakukan hari ini hanya merupakan awal saja, di mana selanjutnya harus makin banyak kegiatan kemanusiaan yang bisa dilaksanakan.

“Kita bersyukur di Sabang telah hadir Masyarakat Relawan Indonesia. Kita berharap ini menjadi cikal bakal tersebar luasnya spirit kerelawanan sampai ke setiap masyarakat yang ada di Kota Sabang. Jika hari ini kita berkumpul untuk berbicara tentang Palestina dan mengumpulkan donasi untuk Palestina, kita berharap ini terus dilakukan bukan hanya hari ini saja tentunya dengen terus bergerakknya teman-teman MRI di Kota Sabang,” ujar Faisal Azwar.

Di momen Shadaqah Day ini, ACT juga menggalang kepedulian untuk Palestina. Selain itu, ACT juga menyalurkan kedermawanan masyarakat dalam bentuk mushaf Al-Qur’an untuk santri di Sabang.

“Kedermawanan yang ACT galang tak hanya untuk saudara kita di Palestina. Akan tetapi, saudara kita di Indonesia pun bisa merasakan manfaatnya,” jelas Kepala Regional ACT Sumbagut Husaini Ismail.[]