Siap Sambut Kurban, Yuk Simak Pengelolaan Lumbung Ternak Wakaf Magetan

Lebih dari 200 ternak terus disiapkan di Lumbung Ternak Wakaf (LTW) di Dusun Kentangan, Desa Wates, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan. Dengan perawatan terbaik, Global Wakaf-ACT berikhtiar memastikan daging berkualitas hadir untuk para penerima manfaat pada Iduladha mendatang.

ltw magetan
Beberapa perawatan yang dilakukan tim yakni berfokus pada bagian pangan, kebersihan, serta kesehatan ternak. (ACTNews)

ACTNews, MAGETAN – Global Wakaf-ACT mulai mempersiapkan Hari Raya Iduladha yang segera tiba. Pengadaan hewan kurban terus dikembangkan agar pada perayaan kurban mendatang dapat menghadirkan manfaat sebesar-besarnya bagi masyakat. Salah satunya dengan pengembangan program Lumbung Ternak Wakaf (LTW).

Salah satu LTW tersebut berada di Kabupaten Magetan. “Kurang lebih terdapat 230 ternak ekor domba yang terdiri dari 210 induk, 16 anakan, dan 4 bayi domba,” ungkap Angga sebagai salah satu pengelola LTW Magetan di Dusun Kentangan, Desa Wates, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, pada Rabu (18/5/2022).

Walaupun masih dua bulan mendatang persiapan domba untuk hewan kurban dilakukan mulai saat ini. Perawatan serta pengelolaan domba ini semakin diperketat, mengingat Tim Global Wakaf-ACT ingin menyiapkan hewan kurban terbaik untuk Sahabat Dermawan.


Persiapan terus dimatangkan hingga dua bulan ke depan untuk memastika kurban terbaik sampai di tangan para penerima manfaat. (ACTNews)

“Alhamdulillah 230 ekor ternak domba di LTW Magetan kami rawat dengan sebaik mungkin. Beberapa perawatan yang kami lakukan berfokus pada bagian pangan, kebersihan, serta kesehatan ternak,” ungkap Angga yang sudah berkecimpung di dunia peternakan sejak beberapa tahun belakangan.

Berbeda dari perawatan sebelumnya, pakan yang digunakan di LTW Magetan menggunakan pakan ternak complete feed yang merupakan formulasi pakan dari bahan hijauan dan limbah pertanian serta konsentrat yang dicampur jadi satu. Dari segi kebersihan, para ternak juga dimandikan dua minggu sekali untuk menyegarkan tubuhnya.


Faktor yang paling penting yaitu kesehatan. Angga beserta timnya selalu melakukan sidak bagi setiap hewan ternak yang sakit maupun sehat untuk dipisahkan. Selain itu tidak lupa penambahan antibiotik, vitamin, serta pemberian obat khusus bagi ternak yang sakit.

“Alhamdulillah, walaupun saat ini sedang berkembang penyakit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang para hewan ternak, namun bisa dipastikan bahwa hewan dari LTW Magetan bebas dari PMK,” jelas Angga.

Keseriusan pengelola LTW Magetan seolah menandakan Global Wakaf-ACT siap untuk menghadirkan hewan kurban terbaik kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan kurban terbaik di hari raya nanti. []