Siap Siaga Ambulans ACT Antarkan Pasien

Komitmen Covid-19 Medical Careline Services ACT kepada masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan, diterapkan melalui pelayanan ambulans gratis.

Secara sigap ambulans ACT mengantarkan Tn. S untuk dirujuk ke rumah sakit terdekat. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Kehadiran ambulans Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus hadir untuk masyarakat. Salah satunya dirasakan Tn. S (46), salah seorang pasien penerima manfaat ambulans ACT yang menderita penyakit jantung dan tuberkulosis.

Ambulans ACT secara sigap menyambangi kontrakan Tn. S di Kelurahan Pasar Manggis, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. Melalui bantuan tim medis Covid-19 Medical Careline Services, Tn. S hanya bisa terbaring lemah di tempat tidur dan tidak bisa mencari nafkah untuk menghidupi keluarganya lagi.

Sebelumnya, Tn. S bekerja sebagai kuli bangunan yang menerima upah sebesar Rp600 ribu dalam setiap bulan. Namun, kondisi kesehatan yang semakin memburuk disertai batuk dan sesak nafas membuatnya tidak bisa melakukan pekerjaan berat. Tn. S lalu memutuskan untuk beralih profesi menjadi pedagang kopi keliling.


Kondisi kesehatan Tn. S yang hanya terbaring lemah di tempat tidur. (ACTNews)

Menjajakan kopi keliling menggunakan sepeda telah dijalani Tn. S selama empat bulan, tetapi kecelakaan motor membuat tubuhnya tidak mampu lagi untuk bangun dan berjualan. Di tengah kondisi kesehatan yang semakin memburuk, sekaligus berdampak pada kondisi ekonomi keluarga Tn. S yang sulit berobat dan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Kini anak semata wayangnya yang berumur 19 tahun menjadi tumpuan ekonomi keluarga sebagai penjual pempek keliling dan terpaksa tidak bisa melanjutkan pendidikannya.

Tim Covid-19 Medical Careline Services ACT langsung memberikan bantuan medis berupa tabung oksigen dan kursi roda kepada Tn. S. Tak hanya itu, Tn. S juga dibawa ke Rumah Sakit Radjak Salemba untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan. 

“Alhamdulillah, Tn. S beserta keluarga sangat senang dan bersyukur atas tindakan medis yang dilakukan oleh kami. Kondisi kesehatan Tn. S akan selalu dipantau, Insya Allah semakin membaik (kesehatannya),” ungkap Melza, perawat yang bertugas dari tim Covid-19 Medical Careline Services ACT.[]