Sinergi dalam Membantu Korban Banjir Garut

ACT Garut terus membersamai penyintas banjir bandang di Kabupaten Garut. Bantuan didistribusikan secara berkala ke sejumlah desa di tiga kecamatan.

Kehadiran Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Firman Karyadin (kiri), Wakil Bupati Garut Helmi Budiman (kedua dari kiri), dan Kepala Cabang ACT Garut Mochamad Dani Ramdani (kanan) hadir untuk mendistribusikan logistik di Desa Sagara, Kecamatan Cibalong, Selasa (13/10) sore. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN GARUT – Ratusan paket bantuan pangan diserahterimakan Aksi Cepat Tanggap Garut kepada pemerintah Kabupaten Garut, Selasa (13/10) sore. Serah terima bantuan dilakukan di Desa Sagara, Kecamatan Cibalong untuk warga korban banjir. Sore itu, hadir pula Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Firman Karyadin dan Wakil Bupati Garut Helmi Budiman.

Kepala Cabang ACT Garut Mochamad Dani Ramdani yang menerima kehadiran jajaran Pemerintah Kabupaten Garut melaporkan, Wakil Bupati dan BPBD Garut mengapresiasi kinerja ACT dalam membersamai korban banjir Garut . Saat ini, ACT Garut terus melakukan asesmen dan distribusi bantuan pangan ke wilayah-wilayah terdampak lainnya. “Pagi ini kami melakukan persiapan distribusi logistik untuk wilayah-wilayah selatan lainnya,” kata Dani, Rabu (14/10).

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Garut, banjir menerjang Garut pada Senin (12/10) pukul 04.00 WIB. Banjir dan longsor di wilayah selatan Garut ini disebabkan luapan Sungai Cipalebuh dan Cikaso di Kecamatan Pameungpeuk, Sungai Cibera dan Cibaluk di Kecamatan Cibalong, dan Sungai Cipasarangan di Kecamatan Cikelet. Ketinggian air rata-rata mencapai 1,5 meter.

Saat ini kebutuhan mendesak para korban meliputi air minum, air bersih, peralatan kebersihan, peralatan tidur seperti tikar dan selimut, serta dapur umum.

“Kami terus berkoordinasi dengan tim Disaster Emergency Response ACT Pusat untuk memberikan bantuan terbaik. Kami juga mohon bantuan Sahabat Dermawan untuk membersamai langkah kami,” kata Dani.[]