Sinergi UII - ACT Atasi Bencana Kemanusiaan Lokal hingga Global

Sinergi ini meliputi pemberian bantuan kepada korban bencana di Indonesia hingga krisis kemanusiaan di Palestina, Suriah, dan Cina (Uighur).

Sinergi UII - ACT Atasi Bencana Kemanusiaan Lokal hingga Global' photo

ACTNews, YOGYAKARTA – Aksi Cepat Tanggap Daerah Istimewa Yogyakarta (ACT DIY) bersama Universitas Islam Indonesia (UII) bersinergi dalam membantu menyelesaikan isu-isu kemanusiaan di dalam dan luar negeri. 

Sinergi ACT DIY bersama UII telah terjalin dalam banyak kesempatan. Salah satunya ketika bencana alam terjadi. Bersama ACT DIY, UII mengirimkan bantuan logistik dan serta menugaskan relawan medis ke lokasi bencana. Dalam beberapa kesempatan, UII pun turut mendukung aksi kemanusiaan di berbagai negara yang mengalami krisis kemanusiaan seperti Palestina dan Suriah, bahkan juga kepada muslim Uighur. 

Rektor UII Fathul Wahid mengungkapkan, kontribusi yang terjalin merupakan amanah dari panggilan umat muslim sedunia yang membutuhkan bantuan. “Kami terus berupaya untuk memberikan kontribusi terbaik bagi jutaan saudara yang membutuhkan, termasuk untuk saudara-saudara di Uighur,” katanya dalam momen pertemuan antara UII dan ACT, Rabu (3/7). Fathul Wahid berharap semoga dengan bantuan tersebut dapat membantu membahagiakan muslim di Uighur dan lainnya.

“Kalau semakin banyak yang tergerak kan insyaallah mereka juga semakin bahagia dan permasalahannya cepat terselesaikan” tambah Fathul.


Di dalam negeri, UII bersama ACT juga turut membantu korban terdampak bencana alam di Lombok, Palu, Sigi, dan Donggala, serta Selat Sunda.

Keseriusan UII dalam membantu sesama pun dibuktikan dengan komitmen memaksimalkan “UII Peduli”, yakni memberi bantuan air bersih untuk masyarakat Gunungkidul. Ratusan ribu liter air bersih disalurkan oleh UII bersama ACT DIY untuk mengatasi krisis air di wilayah rawan air bersih di Gunungkidul.

Dalam pertemuan yang sama, Kepala Cabang ACT DIY Bagus Suryanto pun memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran UII atas kolaborasi yang selama ini telah terjalin. “ACT akan berikhtiar agar kolaborasi dengan UII ini tetap terjalin dengan baik,” ungkap Bagus .[]

Bagikan