Sirkulasi Air Al Nusairat Gaza Diperbaiki

Aksi Cepat Tanggap berikhtiar meningkatkan kualitas hidup masyarakat Gaza di Al Nusairat. Upaya itu dilakukan melalui program Sumur Wakaf sebagai sumber air bersih dan perluasan saluran limbah untuk melancarkan air sirkulasi pembuangan air yang selama ini jadi sumber penyakit.

Gaza, Palestina
Relawan ACT di Palestina melakukan pengecekan air di Sumur Wakaf di Al Nusairat, Gaza. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Ikhtiar meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat Palestina terus Aksi Cepat Tanggap. Kali ini ACT berupaya memperbaiki sirkulasi air di lingkungan Desa Al Aoroba di Al-Nusairat, Gaza, agar warga setempat hidup lebih sehat. 

Program yang pertama dilakukan adalam membangun Sumur Wakaf berkedalaman 52 meter. Sumur ini mampu menghasilkan 30 ribu liter air per jam. Melalui sumur ini, air dialirkan ke rumah-rumah warga dengan pipa. 

Firdaus Guritno dari Tim Global Humanity Response ACT menjelaskan, pada Januari ini pembangunan sumur masih berlangsung. Jika sudah beroperasi, sumur ini mampu memenuhi kebutuhan air bagi 470 keluarga atau 6.000 jiwa di Al Nusairat. 

“Pengeboran sumur dilakukan menggunakan pipa besi 12 inci. Pememasang pompa submersible buatan Eropa juga dilakukan dengan kapasitas 15 HP sehingga efisiensi air yang dihasilkan cukup besar," ujar Firdaus, Ahad (9/1/2022).

Selain pembangunan Sumur Wakaf, ACT juga memperbaiki saluran pembuangan limbah air. Selama ini jaringan pembuangan limbah di wilayah Al Nusairat cukup memprihatinkan. Sistem pembuangan limbah yang terbuka berpengaruh pada kesehatan masyarakat, seperti merebaknya diare dan penyakit kulit yang dirasakan sejumlah warganya. 

Warga salah satu penerima manfaat, Mohammed Khatab (24) mengatakan, kehadiran Sumur Wakaf di wilayahnya adalah suatu keberkahan. Ayah satu anak ini mengaku anggota keluarganya juga mengalami gangguan kesehatan imbas buruknya sistem pembuangan limbah di wilayahnya. 

"Alhamdulillah, setelah penggalian sumur air yang dilengkapi dengan pipanisasi, air telah tersedia secara permanen. Perluasan saluran pembuangan limbah juga membuat status kesehatan rumah kami meningkat. Kami berterima kasih kepada semua orang yang berkontribusi pada bantuan ini. Semoga Allah memberkahi kalian semua," pungkas Khatab. []