Sisihkan Uang Jajan, Siswa-Siswi SD Inpres Kampus IKIP Makassar Bantu Pendidikan di Pelosok Daerah

Program kebaikan berbasis pendidikan terus digencarkan. SD Inpres Kampus IKIP Makassar turut berpartisipasi lewat program “Dari Sekolah untuk Sekolah” yang diinisiasi ACT Sulsel.

ACT Sulawesi Selatan
Koordinator Program ACT Sulsel Firman bersama siswa SD Inpres Kampus IKIP Makassar. (ACTNews)

ACTNews, MAKASSAR SD Inpres Kampus IKIP Makassar berpartisipasi dalam program kemanusiaan “Dari Sekolah untuk Sekolah” yang digagas Aksi Cepat Tanggap Sulawesi Selatan. Program ini merupakan layanan yang memfasilitasi suatu sekolah untuk mendukung keberlangsungan pendidikan di suatu daerah yang membutuhkan, salah satunya terkait kesejahteraan guru.

Koordinator program ACT Sulsel, Firman, mengatakan, melalui program ini, ACT Sulsel bukan hanya mengajak pihak tata usaha dan guru, tetapi ACT juga memperkenalkan  program ini kepada para siswa.  “Kami percaya kebaikan tidak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa. Nila-nilai kebaikan perlu dijelaskan kepada anak-anak sejak dini,” kata Firman..

Gagasan ini pun diwujudkan SD Inpres Kampus IKIP Makassar dengan menyediakan celengan kemanusiaan. Guru dan siswa bisa menabung dengan sukarela untuk membantu pendidikan di pelosok daerah.

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SD Inpres IKIP Makassar Sarina menerangkan, program ini sejalan dengan mata pelajaran yang ia ampu. Kegiatan berbagai sudah ditanamkan dalam diri anak didiknya sejak dini. Ia berharap kelak nanti siswa yang diajarnya bisa tetap bersyukur dan membantu orang lain yang dalam kesulitan.

“Kami sebagai guru tidak hanya bertugas memberikan pemahaman intelektual. Kami juga harus berbagi pendidikan moral, salah satunya adalah dengan mengajarkan berbagi kepada sesama. Melalui program celengan kemanusiaan Dari Sekolah untuk Sekolah mudah-mudahan nilai-nilai kemanusiaan bisa semakin tertanam dalam karakter anak-anak didik kami,” kata Sarina kepada tim ACT Sulsel, Senin (24/1/2022).

Selain sekolah, ACT Sulsel juga mengajak Sahabat Dermawan di mana pun berada untuk mensejahterakan guru di pelosok negeri melalui Indonesia Dermawan atau melalui rekening BSI 7164170645 dengan konfirmasi ke whatsapp ACT Sulsel. Untuk informasi lebih lanjut Sahabat Dermawan juga bisa mengikuti instagram @act_sulsel.[]