Siswa dan Guru Al-Muttaqin Ikuti Pelatihan Mitigasi Bencana

Siswa dan Guru Al-Muttaqin Ikuti Pelatihan Mitigasi Bencana

Siswa dan Guru Al-Muttaqin Ikuti Pelatihan Mitigasi Bencana' photo

ACTNews, TASIKMALAYA – Sekeliling lapangan di Sekolah Dasar Al-Muttaqin Tasikmalaya pada Selasa (12/2) pagi mendadak ramai. Semua siswa dan guru mengambil posisi terbaik di setiap sudut lapangan. Ada yang duduk bersila hingga berdiri. Mereka menarik perhatian pada tengah lapangan.

Kepulan asap hitam mengepul dari lapangan sekolah dasar yang ada di Kecamatan Tawang, Tasikmalaya itu. Asap berasal dari tong besi dengan api membara. Sekelompok orang sambil memegang karung goni berusaha memadamkan api. Keriuhan siswa memuncak saat api berhasil dipadamkan.

Simulasi mitigasi bencana di SD Al-Muttaqin itu dipraktekkan langsung oleh tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jawa Barat dan Tasikmalaya. Mereka dilengkapi dengan berbagai peralatan keamanan seperti alat pemadam api ringan (apar), tabung gas, karung goni, serta helm keselamatan.

Komandan MRI Jabar Atep Salman mengatakan, pelatihan mitigasi bencana ini dilakukan untuk menyelamtkan diri dari gempa bumi serta memadamkan kebakaran. Pelatihan ini diikuti seluruh siswa, sedangkan pemedaman kebakaran hanya diberikan kepada guru. “Pemadaman api ini hanya kepada guru karena harus dilakukan oleh orang yang sudah dewasa,” jelasnya.

Diadakannya pelatihan mitigasi ini, tambah Atep, mengingat kebakaran dan gempa bumi merupakan bencana yang sering terjadi di Indonesia. Terlebih wilayah Tasikmalaya sering diguncang gempa walau dalam magnitudo rendah.

Pelatihan serupa direncanakan akan diadakan di sekolah lain. Acara ini dilakukan tim MRI guna meningkatkan pemahaman masyarakat, khususnya kalangan tempat pendidikan terkait mitigasi bencana.[]

Tag

Belum ada tag sama sekali

Bagikan