Siswa dan Santri Yayasan Bina Insan Madani Banjarmasin Galang Kepedulian untuk Palestina

Tergerak dari kepedulian untuk Palestina yang terus berjuang melawan penjajahan Israel, siswa dan santri di bawah naungan Yayasan Bina Insan Madani Banjarmasin pun menggalang dukungan untuk Palestina lewat Aksi Cepat Tanggap (ACT).

yayasan bina insan madani banjarmasin act
Serah terima bantuan untuk Palestina dari siswa dan santri di bawah naungan Yayasan Bina Insan Madani Banjarmasin kepada Aksi Cepat Tanggap. (ACTNews/Gusti Fikri)

ACTNews, BANJARMASIN – Berbagai rentetan serangan terus terjadi di Palestina dalam beberapa pekan terakhir. Apalagi di bulan suci Ramadan 1443 H, di mana umat muslim di Palestina yang tengah menjalankan ibadah Ramadan, diserang oleh berbagai senjata dari tentara Israel.

Tergerak dari kepedulian untuk Palestina yang terus berjuang melawan penjajahan Israel, siswa dan santri di bawah naungan Yayasan Bina Insan Madani Banjarmasin pun menggalang dukungan untuk Palestina.

Dari hasil penggalangan sendiri terhimpun sekitar Rp32 juta, yang seluruhnya disalurkan untuk Palestina melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT). Serah terima sendiri dilaksanakan, di Masjid Al Firdaus, Kompleks SDIT Al Firdaus Banjarmasin pada Selasa (19/4/2022).

Ketua Yayasan Bina Insan Madani Banjarmasin H. Rafi'i Baderi, Lc mengatakan, pihak yayasan mendukung penuh aksi penggalangan dukungan untuk Palestina. Diakuinya, anak-anak di bawah binaan Yayasan Bina Insan Madani Banjarmasin sangat antusias untuk membantu umat muslim di Palestina yang tengah berjuang melawan penjajahan Israel.


“Ini murni dari anak-anak, baik di SDIT Al Firdaus maupun para santri di Pondok Pesantren Bina Insan Madani Banjarmasin,” kata Rafi’i.

Pihak yayasan pun mengapresiasi aksi penggalangan dukungan ini. Rafli berharap, kegiatan penggalangan dukungan dapat memotivasi para siswa maupun santri di bawah Yayasan Bina Insan Madani Banjarmasin untuk bersedekah, terutama di bulan Suci Ramadan.

“Perlu juga diketahui bahwa sebelum penggalangan dukungan di Palestina, kita juga memberikan informasi dan pengetahuan kepada anak-anak tentang bagaimana saudara kita di Palestina. Salah satunya dengan pemutaran film tentang kondisi Palestina,” papar Rafi’i.

Dewan Pembina ACT Hariyana Hermain yang menghadiri langsung acara tersebut menyambut baik kepedulian siswa dan santri di bawah naungan Yayasan Bina Insan Madani Banjarmasin. Terlebih dalam kegiatan ini juga dibungkus dengan tausiah dari syekh asal Gaza, Palestina berbarengan dengan buka puasa bersama para siswa SDIT Al Firdaus yang tengah menjalani karantina Al-Qur’an.

“(Dari penggalangan dukungan ini) diharapkan terbentuk ukhuwah atau persaudaraan yang kuat antara saudara-saudara kita di sini, dengan yang berada di Gaza,” tuntas Hariyana. []