Siti: Gusti Allah Tidak Tidur, Pasti Selalu Ada Rezeki

Beragam usaha kini dilakoni Siti Qomariyah (45) semenjak dagangan peralatan rumah tangganya tidak lagi stabil. Bersamaan dengan usaha keras, Siti yakin akan selalu ada rezeki untuknya.

bantuan modal umkm
Siti Qomariyah yang kini tetap berjualan di tengah pandemi demi memenuhi kebutuhan keluarga. (ACTNews)

ACTNews, YOGYAKARTA – Global Wakaf-ACT memberikan bantuan modal usaha melalui program Wakaf Modal UMKM kepada Siti Qomariyah (45). Semenjak pandemi, usaha ibu tiga anak ini turun drastis. Sebab itu pula penghasilan utamanya ikut menurun.

Siti pada awalnya berjualan peralatan rumah tangga untuk menambah penghasilan keluarga. Dari usaha yang telah ia jalani selama 16 tahun ini, penghasilan bersih yang bisa ia dapatkan berkisar Rp1,2 juta setiap bulannya. Namun setelah pandemi, pelanggan peralatan rumah tangga menjadi tak terlalu banyak seperti biasanya.

"Karena masa pandemi kayak gini jadi agak lambat juga penjualannya. Orang mau beli juga mikir-mikir dahulu, karena keuangan mereka ikut terdampak pandemi. Akhirnya saya jualan sate sama baceman, terus dititipi di angkringan," ujar Siti ditemui di tempat tinggalnya di Kampung Cokrokusuman, Kelurahan Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Saat ini, usaha yang dijalani Siti ialah makanan yang lazim ditemukan di angkringan, srperti sate usus. Ia menitipkan oalahannya tersebut ke angkringan di sekitar rumah. Kali pertama ia memulai usaha sate angkringan pun tidak terlalu lancar, sebab bertepatan dengan pembatasan sosial berskala besar. Berjualan tabung gas juga menjadi sampingannya. “Pas PSBB itu kadang satu hari Cuma dapat uang 10 ribu sampai 20 ribu (rupiah),” tambah Siti.

Tetapi Siti tak menyerah, ia terus menitipkan olahannya ke banyak angkringan. Saat ini, di era kenormalan baru, Siti bisa mendapatkan laba bersih sekitar Rp1,2 juta per bulan. Ia harus tetap berjualan karena ini menjadi sumber utama pemasukan ekonomi keluarga. Siti pun percaya bahwa Allah tak pernah tidur untuk tetap memberikan rezeki kepada hambanya.

Siti merupakan salah satu penerima bantuan modal usaha dari program Wakaf Modal UMKM. Modal yang diterimanya kemudian dimanfaatkan untuk meningkatkan kapasitas usahanya di tengah pandemi.[]