SMKN 1 Pangkalpinang dan ACT Hadirkan Sanitizer Gratis

Produksi hand sanitizer secara mandiri ini akan dikerjakan oleh siswa-siswi SMKN 1 Kota Pangkalpinang. Bahan-bahan produksi yang dibutuhkan akan disediakan oleh ACT Bangka Belitung.

Tim ACT Bangka Belitung sedang mengisi cairan antiseptik bersama siswa-siswi SMKN 1 Pangkalpinang, Kamis (19/3). (ACTNews/Cherry Octoryan)

ACTNews, PANGKALPINANG - Kolaborasi bersama berbagai elemen masyarakat untuk pencegahan penularan Covid-19 terus diperkuat. Menggandeng Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kota Pangkalpinang, ACT Bangka Belitung memproduksi menyediakan cairan antiseptik untuk tangan (hand sanitizer) gratis bagi masyarakat. Hal ini mengingat keberadaan hand sanitizer semakin langka di masa darurat Covid-19. Sementara itu, masyarakat sangat membutuhkannya untuk mencegah penularan virus corona.

“Hand sanitizer sudah sangat langka di apotek, sehingga untuk mendapatkanya pun sulit. Menindaklanjuti situasi seperti ini kami bersama dengan pihak SMKN 1 Kota Pangkalpinang bersinergi untuk memproduksi Hand Sanitizer secara mandiri dengan bahan-bahan yang masih bisa didapatkan,”  ungkap Andi Musmulyadi dari Tim Kemitraan ACT, Kamis (19/3).

Produksi hand sanitizer secara mandiri ini akan dikerjakan oleh siswa-siswi SMKN 1 Kota Pangkalpinang. Bahan-bahan produksi yang dibutuhkan akan disediakan oleh ACT Bangka Belitung.

Arziah selaku Wakil Kepala Kesiswaan SMKN 1 Kota Pangkalpinang menerangkan bahwa sebelumnya hand sanitizer ini sudah pernah dibuat, namun awal keperluannya hanya untuk lingkungan sekolah SMKN 1 saja. “Sekarang kami tidak menemukan lagi produk hand sanitizer di beberapa toko dan apotek. Dengan kelangkaan ini, kami memilih untuk memproduksi hand sanitizer secara mandiri,” jelasnya.

Arziah menambahkan, kolaborasi pembuatan hand sanitizer bersama ACT Bangka Belitung juga sebagai bentuk kepedulian SMKN 1 Pangkalpinang terhadap kondisi warga Indonesia yang kini dilanda wabah corona. Oleh karenanya, ia berharap hand sanitizer hasil karya para siswa SMKN 1 Pangkalpinang nantinya akan membantu masyarakat yang saat ini sangat membutuhkan produk tersebut.

ACT Bangka Belitung senantiasa mengajak masyarakat dan pemangku kepentingan terkait untuk bersinergi dalam pencegahan penyebaran Covid-19. “Kami sangat terbuka untuk kolaborasi kemanusiaan dalam pencegahan dan penanganan Covid-19. Kami juga mengimbau masyarakat untuk menjaga diri dari penyebaran corona ini dengan menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat. Perbanyak makan sayur dan buah, tidur yang teratur, mencuci tangan dengan sabun dan kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh,” pungkas Andi.[]