Solidaritas Komunitas di NTB untuk Pemulihan Pascabencana Sulbar dan Kalsel

Hingga awal Februari ini, 63 komunitas dan organisasi kepemudaan di NTB terlibat dalam gerakan “Bergerak Bersama Selamatkan Bangsa”.

Komunitas Trip planner NTB NTT menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk korban bencana di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat melalui ACT NTB. (ACTNews)

ACTNews, MATARAM - Tiga pekan sudah musibah banjir di Kalimantan Selatan dan Gempa besar melanda Majene Sulawesi Barat, berbagai bantuan terus berdatangan dari berbagai elemen masyarakat. Gerakan kepedulian ini juga diikuti sejumlah komunitas dan organisasi di Nusa Tenggara Barat, yang senantiasa menyalurkan bantuan tunai maupun pangan untuk para penyintas bencana di Sulbar dan Kalsel melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Juaini Pratama selaku Kepala Cabang ACT Nusa Tenggara Barat menyampaikan, hingga awal Februari ini, 63 komunitas dan organisasi kepemudaan di NTB terlibat dalam gerakan “Bergerak Bersama Selamatkan Bangsa”. Gelombang kepedulian ini tidak surut, meskipun saat ini frekuensi gempa di Sulbar dan banjir di Kalsel berangsur menurun. Hal inilah yang sangat dibutuhkan para penyintas bencana sekarang di masa pemulihan pascabencana.

“Misalnya di Majene dan Mamuju, status tanggap bencana sudah berakhir pada 28 Januari lalu. Akan tetapi, masih banyak para penyintas yang memilih untuk bertahan di tenda pengungsian karena beberapa warga masih trauma dengan bencana gempa yang terjadi tiga pekan lalu. Mereka bertahan dengan segala keterbatasannya bergantung dari bantuan yang datang dari para dermawan. Sama halnya dengan warga yang berada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Walaupun banjir telah surut, banyak dari para penyintas yang rumahnya hancur diterjang banjir dan memilih bertahan di pengungsian,” jelas Juaini, Senin (1/2/2021).

Hingga kini ACT NTB masih menerima bantuan yang disalurkan oleh masyarakat Indonesia, baik berupa uang tunai maupun natura. Bantuan tersebut akan didistribusikan bagi korban bencana di Sulbar dan Kalsel. 

“Bantuan berupa bahan pokok terus berdatangan di Posko Induk Wilayah ACT NTB dan di beberapa titik lumbung peduli di NTB. Bagi masyarakat yang ingin ikut serta dalam gerakan kepedulian ini, bisa menyalurkan donasi terbaik melalui laman Indonesia Dermawan atau menyerahkannya langsung ke kantor ACT NTB di Jl. Sriwijaya No. 80 J, Kota Mataram,” ajak Juaini. []