Solidaritas untuk Bangsa Hadir dari Persatuan Masyarakat Indonesia Brunei Darussalam

Partisipasi Persatuan Masyarakat Indonesia (Permai) Brunei Darussalam dalam Operasi Makan Gratis Aksi Cepat Tanggap menjadi contoh elemen bangsa yang saling berikhtiar memperkuat solidaritas membersamai sesama di tengah pandemi corona.

Rahman, salah satu loper korang di daerah Menteng Pulo, Jakarta Selatan, turut menikmati sajian makanan bergizi Operasi Makan Gratis Aksi Cepat Tanggap dan Persatuan Masyarakat Indonesia Brunei Darussalam di Warteg Mulya, Menteng, Jumat (17/4). (ACTNews/Gina Mardani)

ACTNews, JAKARTA SELATAN – Semangat bersama selamatkan bangsa hadir dari Persatuan Masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam (Permai). Melalui Operasi Makan Gratis bersama Aksi Cepat Tanggap, Permai turut menunjukkan solidaritas mengatasi dampak wabah corona di Indonesia. Bekerja sama dengan dua warteg di Jakarta, sejumlah 1.100 porsi makan siang dibagikan perdana, Jumat (17/4).

Rahman, salah satu loper koran di Menteng Pulo melintas di Depan Warteg Mulya, Menteng, Jakarta Selatan, siang itu. Ia baru saja mengantar koran kepada sejumlah pelanggan di sekitaran Menteng. Usai memarkir sepeda, Rahman turut mengantre untuk mendapatkan makan siang.

“Sekarang sih orang lebih milih kebutuhan (pokok). Sebelum corona (jualan koran) lancar, setelah corona ini turun,” cerita Rahman. Covid-19 berpengaruh kepada pelanggan koran Rahman. Ia pun mendapatkan pemasukan lebih sedikit, bahkan makan siang berlauk ayam opor, sayur, dan tempe dari warteg Mulya akan ia bawa pulang untuk disantap bersama keluarga.

Selain Rahman, ada juga Ucup Haryanto, seorang pengemudi bajaj yang membawa pulang makan siang gratis Operasi Makan Gratis hari itu. Ayah dengan balita empat tahun itu ingin menyantap makanannya bersama sang buah hati.

“Ini yang punya bajaj untung paham. Setoran sebisanya, lagi korona begini kan. Saya benar-benar berharap corona cepat pergi,” harap Ucup.

Dessi Arisanti dari Tim Kemitraan ACT menjelaskan, selama lima hari akan ada dua warteg di Jakarta yang melakukan implementasi Operasi Makan Gratis kolaborasi ACT dan Permai Brunei Darussalam. “Setiap warteg menyediakan 110 porsi per hari. Melalui layanan makan gratis ini, kami berharap bisa benar-benar membantu buruh harian di ibu kota yang ekonominya turut terkena imbas Covid-19,” jelas Dessi.

Sementara itu, dihubungi ACTNews, Ketua Permai Brunei Darussalam Mukhidin Umar menerangkan, kolaborasi ini hadir sebagai wujud rasa kemanusiaan untuk saudara sebangsa. “Melalui dukungan ini kami berharap dapat setidaknya membantu korban terdampak wabah corona di Indonesia sekaligus sebagai ajakan kemanusiaan,” terang Mukhidin.

Kolaborasi Permai Brunei Darussalam dan ACT kali ini tentu bukan yang pertama kali. Pada bencana kabut asap dan bersama jaga Wamena, Permai Brunei Darussalam turut hadir untuk bangsa. “Kami percaya ACT memiliki kinerja yang transparan dan profesional,” kata Mukhidin. Ia pun berharap, keadaan di tanah air segera membaik.[]