Sosialiasikan QRIS, Bank Indonesia Kalbar Gelar QRIS Charity Night

Dalam upaya sosialisasi sistem pembayaran digital Quick Response Code Indonesia Standard atau QRIS, para undangan diajak berdonasi lewat QRIS kepada Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk program Operasi Gizi Anak Indonesia.

qris kalbar act
Serah terima donasi kepada ACT untuk program Operasi Gizi Anak Indonesia. (ACTNews/Ahmadi)

ACTNews, PONTIANAK – Dalam rangka mensosialisasikan serta menciptakan ekosistem pembayaran secara nontunai bagi masyarakat, Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Barat menggelar acara QRIS Charity Night. Acara ini bertempat di Mercure Hotel Pontianak, Kelurahan Bansir Laut, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Ahad (5/6/2022) malam.

Dalam sambutan, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalbar Agus Chusaini menyampaikan QRIS atau Quick Response Code Indonesia Standard merupakan penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). QR Code ini dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia, agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Sesuai dengan judulnya, pada acara tersebut dilakukan penggalangan donasi oleh seluruh undangan yang kemudian disalurkan ke lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalbar. Sekretaris Daerah Kalbar Harisson yang mewakili Gubernur Kalbar yang mengimbau langsung seluruh tamu undangan untuk berdonasi.


"Pada malam penggalangan donasi ini, saya mengajak seluruh yang hadir di acara ini untuk berdonasi guna menyisihkan sebagian harta kita untuk kemaslahatan di dunia kemanusiaan," ajaknya.

Kepala Cabang ACT Kalbar Dwi Fajar Ramadhoni menyampaikan donasi akan disalurkan untuk program Operasi Gizi Anak Indonesia. “Menurut Data data riset kesehatan Dasar (Riskesdas), ada sekitar sembilan juta anak Indonesia mengalami stunting. Atas izin Allah, ACT berhasil meluncurkan program bernama Operasi Gizi Anak Indonesia, sebuah ikhtiar untuk membangun gizi anak-anak bangsa menjadi lebih seimbang dan sehat demi generasi penerus yang hebat,” tuturnya.

Hadir juga dalam acara tersebut Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Pimpinan Lembaga Perbankan dan Jasa Keuangan Kalbar, juga Kepala Disporapar Provinsi Kalbar Windy Prihastari. Serta sejumlah pelaku ekonomi dan UMKM.

Acara ini juga menggandeng beberapa pegiat media sosial, yang diharapkan dapat berperan aktif dalam mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat, baik para konsumen maupun pelaku ekonomi. Sehingga bisa beralih kepada sistem pembayaran QRIS dan aktivitas pembayaran, termasuk dalam berdonasi. []