Spontanitas Wakaf Arfan Bantu 5 UMKM

Di acara "Waqf Business Forum: Selamatkan Bangsa dengan Wakaf", Arfan secara spontan mewakafkan harta terbaiknya untuk 5 UMKM yang sedang mengalami kesulitan permodalan. Ikrar wakaf yang ia lakukan pada Sabtu (29/8) itu, merupakan panggilan hatinya untuk membantu para pelaku UMKM di masa pandemi.

Arfan ketika sedang bercerita kepada Tim ACTNews. (ACTNews/Yudha Hadisana)

ACTNews, JAKARTA – Di akhir gelaran Waqf Business Forum: Selamatkan Bangsa dengan Wakaf, Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ibnu Khajar mengajak audiens yang hadir untuk ikut berwakaf. Ia meminta di antara audiens yang berniat mewakafkan hartanya untuk mengangkat tangan. Wakaf ini nantinya yang akan membantu Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) berjuang di pandemi.

“Ada yang ingin memberikan untuk 5 UMKM? Satu UMKM-nya Rp5 juta, ada yang mau ambil?” Ibnu mengajak para audiens mengangkat tangan. Spontan gerakan itu diikuti oleh Arfan yang berada di barisan tempat duduk paling depan.

Arfan dari Smart Masjid Indonesia telah mendukung 5 UMKM pada hari itu. Spontanitas itu terjadi karena ia merasa terpanggil untuk membantu para pelaku UMKM, terutama di masa pandemi seperti ini. “Karena dalam masa pandemi ini, kita mesti menguatkan UMKM,” singkat Arfan pada Sabtu (29/8) lalu.

Sebagai salah satu pengelola Smart Masjid Indonesia, Arfan berharap UMKM nantinya juga dapat bersinergi dengan masjid-masjid di sekelilingnya. Sehingga masjid akan kembali seperti di zaman Rasulullah yang tidak hanya dipakai sebagai tempat beribadah saja. “Saya ingin UMKM berbasis masjid ke depannya semakin banyak, semakin tumbuh. Makanya saya support untuk kegiatan seperti (Wakaf Modal Usaha Mikro) ini,” ujar Arfan.


Ibnu menyerahkan penghargaan Komitmen Wakaf Terbaik kepada Arfan. (ACTNews/Reza Mardhani)

Selain UMKM, Arfan juga mewakafkan deviden Smart Masjid Indonesia sebesar 20% kepada Global Wakaf – ACT. Niat itu memang sudah tertanam bahkan dari saat awal ia mengembangkan aplikasi Smart Masjid Indonesia.

“Sesuai dengan hadis Rasulullah dan sesuai dengan ajaran agama kita, dan wakaf ini kan sesuatu yang terbaik yang bisa kita berikan. Daripada kita memberikan suatu warisan atau apa pun, lebih baik kita menyumbangkan apa pun yang bisa kita lakukan, ilmu yang bermanfaat, dan harta yang bemanfaat. Saya bukan orang berkelebihan juga, tapi saya punya semagat untuk berbagi dan mewakafkan ini untuk umat,” tutur Arfan.

Ia juga berharap lewat Global Wakaf – ACT makin banyak lagi muslim yang tergerak berwakaf. “Insyaallah kalau program (wakaf) ini bisa berjalan, pemberdayaan umat itu bisa terwujud dengan baik dan cepat. Karena ini merupakan salah satu solusi yang memang dianjurkan oleh Rasulullah SAW,” harap Arfan.


Termasuk dengan Arfan, total hari itu ada 3 orang yang mewakafkan deviden saham perusahaannya. Selain itu ada 16 UMKM terbantu lewat program Wakaf Modal Usaha Mikro, di mana komitmen para wakif dilangsungkan saat itu juga.

“Momentumnya seperti hari ini. Ini kan stimulan saja, ada 3 orang yang berwakaf membantu 16 pelaku UMKM. Kita ingin ini diamplifikasi, menjadi sebuah model kepedulian yang akan menyebar kepada sebanyak-banyaknya orang, sehingga setiap orang akan berbagi untuk berwakaf dan bersedekah. Karena di dengan demikian semakin banyak orang yang bisa diberikan bantuan solusi atas permasalahan permodalan UMKM yang hari ini banyak dialami oleh saudara-saudara kita,” harap Ibnu.

Ibnu pun mengajak para dermawan untuk turut berkontribusi dalam program ini. “Maka hari ini kita katakan, satu juta (petani dan pengusaha mikro) akan kita bantu. Pertanyaannya adalah, kalau satu orang dapat Rp5 juta, dan akan ada satu juta jiwa yang kita bantu, berapa dana yang harus kita kumpulkan? Orang mengatakan, itu sangat besar. Iya, sangat besar kalau kita sendiri-sendiri. Kalau semua umat ini mewakafkan dari hartanya yang Rp50 ribu ia bawakan, yang Rp10 ribu ia bawakan, yang Rp100 ribu ia bawakan, tidak usah menunggu uangnya besar baru kita berwakaf. Maka setiap waktu kita telah menambah pahala dan sedekah jariyah kita untuk keberkahan keluarga, dan seluruh umat Islam di mana-mana,” ajaknya. []