Suami Sameha Syahid, Kebutuhan Hidup Bergantung dari Dermawan

Setiap bulan, Sameha mendapatkan bantuan sebesar 50 dollar atau setara Rp 700 ribu rupiah dari salah satu lembaga sosial setempat. Namun, jumlah ini masih sedikit dibandingkan keperluan keluarganya yang memiliki dua orang anak. Sebulan, Sameha membutuhkan 350 dollar atau sekitar Rp 4.5 juta.

Sameha dan anak-anaknya. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Sameha Salama Eid Khalifa beserta anaknya, Zein (6) dan Mohammed (2) harus menjalani hidup tanpa kehadiran kepala keluarga. Ayah Zein dan Muhammad syahid oleh tentara Israel tahun 2019 lalu. Sejak kecil, Zein dan Muhammad telah menjadi yatim.

Sameha dan kedua anaknya saat ini bermukim di Albureij, Gaza. Bagi perempuan di Palestina, tidak ada pekerjaan yang bisa diharapkan, begitupun bagi Sameha. Konflik membuat lapangan pekerjaan juga terbatas di Palestina.

Setiap bulan, Sameha mendapatkan bantuan sebesar 50 dollar atau setara Rp 700 ribu rupiah dari salah satu lembaga sosial setempat. Namun, jumlah ini masih sedikit dibandingkan keperluan keluarganya yang memiliki dua orang anak. Sebulan, Sameha membutuhkan 350 dollar atau sekitar Rp 4.5 juta. untuk memenuhi kebutuhan pangan, sandang, dan papan serta pendidikan dua orang anaknya.

Sister Family Palestine-Indonesia

Merespons kondisi keluarga seperti Sameha, ACT meluncurkan program Sister Family Palestine-Indonesia yang menghubungkan keluarga Palestina yang membutuhkan dengan keluarga di Indonesia sebagai donor. Pada program ini, keluarga Indonesia bisa menjalin persaudaraan dengan keluarga Palestina.

“Para dermawan bisa menyumbang dana dengan jumlah berapapun sesuai kemampuan sampai dengan lima juta rupiah untuk program Sister Family ini,” ujar Andi Noor Faradiba dari Global Humanity Response-ACT saat peluncuran program Sister Family Indonesia-Palestine, awal Februari lalu.

Keluarga Indonesia sebagai donor bisa mengetahui latar belakang keluarga Palestina terlebih yang akan dibantu. Selain itu, kedua keluarga juga diikhtiarkan menjalin silaturahmi secara online difasilitasi ACT.[]