Suara Dukungan Kemerdekaan Palestina dari Kediri Raya

Bersama Pergerakan Umat Islam Kediri Raya, ACT terus menggaungkan solidaritas untuk Palestina. Selain itu, penggalangan dukungan juga dilakukan untuk menghadirkan bantuan kemanusiaan terbaik.

1
Aksi massa di Kediri yang mendukung Palestina. (ACTNews)

ACTNews, KEDIRI – Teriakan lantang menggema dari Alun-alun Kota Kediri, Sabtu (29/5/2021). Suara yang terdengar begitu lantang berisikan pesan-pesan perdamaian. Sumbernya ialah dari massa Pergerakan Umat Islam (PUI) Kediri Raya bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang menggelar aksi solidaritas untuk Palestina.

Penjajahan yang berkepanjangan di tanah Palestina menjadi alasan utama aksi damai tersebut digelar. Apalagi, agresi yang meningkat di akhir Ramadan lalu dan menimbulkan banyak korban jiwa serta merusak fasilitas hingga kehidupan penduduk menguatkan massa berkumpul menyuarakan dukungan untuk Palestina.

Ketua PUI Kediri Raya Rahmad Mahmudi mengatakan, bangsa Indonesia sangat pantas mendukung kemerdekaan Palestina. Sejarah dukungan Palestina atas kemerdekaan Indonesia menjadi alasannya. “Jangan pernah melupakan sejarah. Bangsa (Indonesia) ini merdeka salah satunya hadir dukungan dari Palestina saat itu. Sampai hari ini pun, kita memiliki hubungan yang begitu erat dengan Palestina,” tegas Rahmad.

Tergelarnya aksi solidaritas ini sebagai bentuk nyata kepedulian PUI, ACT dan warga Kediri Raya atas kemerdekaan Palestina. Selain tuntutan, peserta aksi juga menggalang kepedulian yang nantinya akan disalurkan melalui ACT untuk berbagai program kemanusiaan yang berjalan di Palestina.

“Persoalan Palestina bukan persoalan umat Islam saja, tapi semua pihak karena ini urusan kemanusiaan,” tambah Rahmad.

Di Palestina, ACT hingga kini terus menjalankan berbagai program. Mulai dari medis lewat layanan Klinik Indonesia dan ambulans, pemenuhan kebutuhan pangan, sumber air bersih dari Humanity Water Tank serta Sumur Wakaf, bantuan pendidikan hingga tempat tinggal. Armada kemanusiaan Humanity Food Truck juga bersiaga untuk menghadirkan makanan siap santap, tak hanya leat, tapi juga bergizi bagi penduduk Palestina.

Kepala Cabang ACT Kediri Muhammad Iwan Kurniawan Setiawan mengatakan, agresi yang meningkat ke wilayah Palestina menjadi titik balik berbagai kalangan untuk tergerak hatinya membantu saudara di Palestina. ACT sendiri menggalang dan menyalurkan kepedulian masyarakat untuk berbagai program kemanusiaan di Palestina. “Melalui aksi ini, warga Kediri Raya bersatu rebut kembali Palestina dan mendukung perjuangan pembebasan Palestina dari panjajah,” ungkapnya.[]