Suasana Iftar Bersama yang Ramaikan Ramadan di Bosnia

Sebanyak 350 paket iftar dibagikan kepada wagra prasejahtera di 4 wilayah di Bosnia.

ACTNews, BOSNIA-HERZEGOWINA - Suasana Magrib di Masjid Selimija di Kota Doboj, Bosnia-Herzegowina hari itu, semarak dengan hadirnya puluhan orang di masjid tersebut. Setelah berpuasa sekira 17 jam, dengan lahap mereka menyantap hidangan iftar dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Kitabisa.com.

Satu per satu peserta mengambil makanan di depan mereka. Hari itu, kentang beserta daging ayam menemani santap buka puasa. Stuffed Peppers dan salad juga memenuhi piring mereka. Tidak lupa roti dan kue-kue khas Bosnia sebagai pencuci mulut juga tersedia.


Warga yang mengikuti iftar bersama tersebut merupakan masyarakat prasejahtera yang ada di sekitar Kota Doboj. Selain Kota Doboj, bantuan iftar ini juga menyapa warga di tiga titik lainnya.Titik-titik tersebut di antaranya Kota Gračanica, Kota Srebrenik, dan Desa Soko (Kota Gračanica).

“Kita adakan pembagian paket iftar di 4 wilayah yang kalau dijumlahkan di seluruh wilayah itu kita distribusikan sekitar 350 paket iftar. Programnya sudah berjalan sekitar 24-27 Mei 2019 lalu,” ujar Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Response (GHR) - ACT.

Said menyatakan warga yang menghadiri iftar bersama tersebut kebanyakan kesulitan secara keuangan dan masih sulit untuk hidup dengan layak akibat perang yang terjadi pada 24 tahun yang lalu.

“Akibat perang, penduduk lokal Bosnia banyak yang hidupnya kurang mampu. Jadi mereka dapat dikatakan hidup dalam kemiskinan. Hingga saat ini, mereka masih sangat susah untuk menghidupi kebutuhan sehari-hari,” ungkap Said.

Untuk ke depannya, Said mengatakan ACT akan terus membersamai warga Bosnia-Herzegowina dan akan terus membantu meringankan kesulitan yang dirasakan oleh masyarakat prasejahtera di sana.


“Insyaallah, untuk sementara ini memang kita lakukan program iftar Ramadan. Semoga ke depannya kita banyak lakukan program-program lainnya yang dapat menunjang kehidupan saudara-saudara kita di sana,” ungkap Said.

Sebelumnya, ACT juga sempat menyapa warga Bosnia-Herzegowina dengan membawa sejumlah bantuan. Seperti pada akhir April lalu, tim berkunjung salah satu negeri di wilayah Balkan ini, tepatnya di Kota Srebenica. Di kota ini, 300 paket pangan didistribusikan kepada warga prasejahtera yang telah kehilangan anggota keluarganya akibat perang. []