Sudah Siapkan Kado Ramadan Terbaik untuk Saudara di Palestina?

Ramadan lalu, beragam aksi kebaikan hadir untuk masyarakat Palestina. Ada bantuan pangan, air bersih, baju baru, hingga bingkisan lebaran. Ramadan kali ini, hadiah terbaik apa yang akan kita berikan untuk saudara di Palestina?

ramadan di palestina
Ilustrasi. Sahabat Dermawan selalu hadir membersamai warga Palestina dalam merayakan Ramadan. (ACTNews)

ACTNews, PALESTINA – Bantuan Sahabat Dermawan menjadi pelipur lara masyarakat Palestina di Gaza pada Ramadhan 2021. Saat itu, intensitas serangan Israel ke warga Palestina di Yerusalem mapun Gaza juga meningkat, dan menelan ratusan korban jiwa.

Melalui Aksi Cepat Tanggap, beragam kebaikan menjangkau puluhan ribu penerima manfaat. Bantuan paket pangan dan makanan siap saji menjadi salah satu aksi yang rutin dilakukan. Ratusan ton paket pangan dibagikan melalui Indonesia Humanitarian Center di Gaza selama Ramadan. Makanan siap santap ACT bagikan melalui dapur umum dan Humanity Food Truck.

"Saat Ramadan, makanan siap santap biasanya kami bagikan sore hari menjelang berbuka puasa dan dini hari saat hendak sahur," ujar Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Network ACT, Selasa (15/3/2022).

Selain pangan, ada juga distribusi jutaan liter air bersih. Bantuan air disalurkan melalui Humanity Water Tank yang berkeliling dan Sumur Wakaf.

Lebih lanjut, Said menjelaskan, banyak pula para dermawan yang menggencarkan sedekah wakafnya selama Ramadan. "Ramadan tahun lalu, melalui Global Wakaf ACT, banyak dermawan yang memberikan bantuan mushaf Al-Qur’an dan menambah beberapa unit Sumur Wakaf di Gaza," jelas Said.

Ramadan tahun lalu juga ACT isi dengan meluncurkan kembali program Sister Family Palestine Indonesia (SFPI). Melalui program ini, ACT hadir menjembatani silaturahmi keluarga Indonesia dan keluarga Gaza. Keluarga Indonesia memberikan bantuan berupa biaya hidup untuk masyarakat Gaza.

Saat hari raya Idul Fitri tiba, ACT pun menyalurkan amanah para dermawan berupa bingkisan lebaran yang terdiri dari pakaian baru dan perlengkapan ibadah. Tim ACT memilih langsung hadiah-hadiah itu dengan kualitas terbaik dari sejumlah toko di Gaza.

Memberikan hadiah terbaik

Kedamaian beribadah pada Ramadan tahun ini tentu menjadi dambaan masyarakat Palestina. Mereka berharap, tidak ada lagi duka, serangan, atau gangguan. Said Mukaffiy menjelaskan, sebagai sesama muslim, Sahabat Dermawan di Indonesia juga bisa terus berbagi kebahagiaan dengan saudara di palestina, terutama pada Ramadan ini.

“Melalui semangat Kan Ramadhan, kita berikan kado terbaik sebagai bentuk silaturahmi dengan saudara di Palestina. Insyaallah, di bulan Ramadhan, kebaikan kita dibalas Allah dengan pahala yang lebih berlipat ganda,” ajak Said.[]