Sukacita Kurban di Pegunungan Meratus

Meski sudah menjadi mualaf sejak 10 tahun silam, rupanya warga Dayak di Desa Patikalain baru merasakan kebahagiaan kurban sejak dua tahun yang lalu.

Sukacita Kurban di Pegunungan Meratus' photo

ACTNews, BARABAI – “Terima kasih para dermawan yang telah memberikan kurban kepada kami, warga Desa Patikalain, kami senang sekali. Semoga bisa setiap tahun seperti ini terus,” Rahmi tak mampu membendung senyuman, ungkapan itu ia sampaikan kepada tim Aksi Cepat Tanggap Kalimantan Selatan, Rabu (14/8) lalu.

Kegembiraan begitu lekat di wajah puluhan warga yang bermukim di kaki pegunungan Meratus, Kalimantan Selatan. Meski sudah menjadi mualaf sejak 10 tahun silam, rupanya warga Dayak di Desa Patikalain baru merasakan kebahagiaan kurban sejak dua tahun yang lalu.

Antusias warga terlihat saat tim Global Qurban – ACT tiba. Tim disambut dengan kekeluargaan yang kental. Kue ketan, kacang, dan jagung rebus menjadi hidangan yang harus tim santap begitu tiba. Sederhana, namun kaya akan cinta. Perjalanan panjang tim dari Kota Banjarmasin sejauh 180 kilometer terbayar.

Menjelang siang, persiapan menyembelih hewan kurban pun dimulai. Momen itu menimbulkan keriuhan tersendiri. Anak-anak ramai berkumpul di sekitar Musala Ar Rahim. Mereka berkumpul dengan ekspresi yang beraneka rupa. Suka, riang, dan takut dibalut rasa penasaran. Rupanya penyembelihan hewan kurban menjadi momen yang sangat jarang terjadi dan begitu menarik bagi mereka. Berduyun-duyun anak-anak mengamati dari luar pagar musala, bahkan sebagian duduk di atas batu besar.


Uun, salah satu warga Dayak Patikalain, begitu gembira. “Senang sekali bisa berkgumpul dan masak bersama, terima kasih,” ucapnya. Uun bertugas memasak nasi untuk makan bersama.  

Koordinator Global Qurban-ACT Kalsel Muhammad Budi Rahman menyebutkan bahwa terwujudkan kurban di Desa Patikalain tidak lepas juga dari kontribusi salah satu pemengaruh media sosial Karin Ramadhani atau yang dikenal dengan nama “Karin Pd” melalui program patungan kurban. “Kemarin Karin Pd  ikut membantu menggalang sedekah kurban untuk Meratus, Alhamdulillah bisa terealisasi,” terang Budi.

Ihsan selaku Manajer Karin Pd mengaku senang bisa menyaksikan langsung distribusi daging kurban di Meratus. “Luar biasa kami bisa silaturahmi dengan para warga di Desa Patikalain ini. Terima kasih ACT karena telah menjadi perantara kami,” ucapnya. Ihsan berharap bisa menghimpun donasi yang lebih besar sehingga daging kurban yang diberikan bisa lebih banyak lagi.[]

Bagikan