Sukacita Warga Cibuntu Sambut Masjid Baru

Dalam beberapa hari ke depan, warga Cibuntu, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya, siap menyambut masjid baru. Pusat ibadah ini dibangun ulang ACT bersama dermawan sejak Ahad (9/1/2022).

renovasi masjid act
Proses pembongkaran bangunan lama masjid di Kabupaten Tasikmalaya. (ACTNews)

ACTNews, TASIKMALAYA Masjid Arrahman yang berada di Cibuntu, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya, sudah berdiri 12 tahun lamanya. Dari masa ke masa hingga hari ini, bangunan masjid tak berubah, tetap panggung semi permanen, tetapi kekokohan masjid yang mulai berkurang karena termakan usia dan cuaca. Walau begitu, bangunan berukuran 5x7 meter ini tetap menjadi pusat kegiatan keagamaan serta ibadah.

Secara fisik, bangunan Masjid Arrahman berdinding bahan GRC, sedangkan kondisi atap sudah rapuh. Fasilitas masjid pun seadanya, tenaga pengajar keagamaan pun masih kurang. Kondisi ini menjadi hambatan tersendiri, salah satunya untuk menyelenggarakan pengajian rutin pekanan.

Warga setempat bukan tak ingin punya masjid yang lebih baik. Upaya gotong royong dan urun dana pernah dilakukan. Akan tetapi, kondisi ekonomi warga yang kurang stabil, membuat Masjid Arrahman urung terenovasi secara besar.

Pembangunan kembali

Ikhtiar mendampingi masyarakat dengan kedermawanan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tasikmalaya bersama keluarga Ferzana Servia membangun kembali Masjid Arrahman. Ahad (9/1/2022), dimulai persiapan pembangunan masjid yang kini berubah nama menjadi Masjid Khatijah Bibi.

“Saat ini proses persiapan pembangunan sedang berjalan, diawali membongkar bangunan lama. Diagendakan, pembangunan akan selesai dalam waktu 40 hari ke depan,” jelas Fauzi Ridwan dari tim Program ACT Tasikmalaya, Ahad (9/1/2021).

Pembangunan masjid yang ACT Tasikmalaya lakukan di wilayah kerjanya bukan kali pertama ini saja. Di beberapa titik, masjid-masjid baru dan layak pakai telah berdiri dan dimakmurkan oleh warga setempat.[]