Sukses Gelar Shadaqah Day, Bukti Kedermawanan Masyarakat Pidie

Shadaqah Day sukses digelar ACT di Pidie, Kamis (17/2/2022). Dalam acara ini pun terhimpun kedermawanan mencapai ratusan juta rupiah untuk berbagai program kebaikan.

Shadaqah Day
Penyerahan plakat dari Pemda Kabupaten Pidie Kepada ACT Aceh. (ACTNews)

ACTNews, PIDIE – Gemuruh semangat memenuhi setiap sisi ruangan Gedung Pidie Covention Center, Kamis (17/2022). Kemeriahan tersebut berasal dari peserta acara Shadaqah Day yang Aksi Cepat Tanggap (ACT) gelar dengan tema Pidie Dermawan, Energi Kebangkitan Ummat”. Unsur pemerintahan dan perangkat daerah di Kabupaten Pidie, perwakilan sekolah-sekolah, korporasi, pelaku usaha, hingga tokoh masyarakat turut hadir dalam acara ini.

Shadaqah Day kali ini turut mengundang Dai Tgk. Dr, Amri Fatmi yang membawakan materi tentang wakaf. Tgk. Dr, Amri Fatmi mengatakan, zaman dahulu, wakaf menjadi sesuatu yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

“Wakaf adalah salah satu kekuatan membangun peradaban. Jika dilihat pada masa kejayaan Islam, bentuk wakaf sangat beragam, mulai dari tanah untuk keperluan masjid dan pasar, wakaf kebuh kurma, bahkan hal-hal kecil juga dijadikan wakaf. Misalkan, wakaf perhiasan untuk membantu muslim yang sulit menikah, wakaf peralatan dapur yang diinisiasi karena kisah seorang pembantu yang tak sengaja memecahkan piring majikannya sehingga tak berani mengadu ditakutkan akan dimarahi. Ini menandakan bahwa di zaman dahulu, wakaf itu sangat dekat kehidupan umat Islam dan menjadi sesuatu yang digemari,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Cabang ACT Aceh Ryanda Saputra mengungkapkan apresiasi atas respons positif dari seluruh elemen sehingga acara ini terselenggara. Ia mengatakan bahwa persiapan acara begitu singkat, akan tetapi dukungan dari para relawan dan doa tiada henti menjadi penyemangat tersendiri untuk acara Shadaqah Day ini.

Selain itu, dalam kegiatan kali ini juga terkumpul donasi yang nominalnya mencapai ratusan juta rupiah. Dana tersebut akan disalurkan sesuai dengan akad yang telah disepakati.

“Donasi yang terkumpul saat ini senilai lebih dari 336 juta. Insyaallah akan disalurkan dalam bentuk Sumur Wakaf, Lumbung Ternak Wakaf, maupun Wakaf Modal Usaha bagi pelaku UMKM prasejahtera,” jelas Ryanda.

Acara Shadaqah Day serta berbagai program kemanusiaan ACT turut didukung Pemerintah Kabupaten Pidie. Plt. Asisten Umum dan Pembangunan (Asisten II) Sekretariat Daerah Kabupaten Pidie Tarmizi mengatakan, pemerintah Pidie sangat mendukung program-program kemanusiaan yang ACT lakukan.

“Karena bukan hanya untuk menyejahterakan umat, tetapi juga setiap yang terlibat akan mendapat pahala dan kebahagiaan,” ungkap Tarmizi.[]