Suku Akit Butuhkan Alquran untuk Perdalam Islam

Suku Akit yang mendiami pulau-pulau terluar di Kepulauan Riau banyak yang telah memeluk agama Islam. Mereka pun memperdalam agama dengan mempelajari Alquran, namun belum semua mualaf memiliki mushaf Alquran.

Suku Akit Butuhkan Alquran untuk Perdalam Islam' photo
Anak anak suku Akit di Pulai Penyalai sedang melakukan ibadah membaca Alquran. (ACTNews)

ACTNews,  KABUPATEN PELALAWAN – Sebagian warga suku Akit yang mendiami pulau terluar di Provinsi Riau kini memeluk agama islam. Mereka pun tengah memperdalam agama dengan belajar membaca dan mempelajari Alquran, namun, tidak semua mualaf memiliki mushaf.

Koordinator Program ACT Riau Benny Andrizal mengatakan, dibutuhkan setidaknya 5.000 mushaf untuk didistribusikan ke seluruh mualaf dan keluarga islam di pulau pulau-pulau terluar.

Keberadaan mualaf suku Akit tidak hanya di Pulau Penyalai saja, tetapi menyebar hingga sepanjang pesisir pulau-pulau kecil di Sumatra. Beberapa di antaranya Pulau Rangsang, Tebing Tinggi, Merbau, dan Pulau Padang di Kabupaten Kepulauan Riau.

“Saudara muslim di Pulau Penyalai ini juga masih banyak yang belum memiliki mushaf di rumah-rumah mereka,” ujar Bennyi, Selasa (27/10).

Menurut Benny, semangat menghafal Alquran dari anak-anak mualaf dan muslim di sana juga tinggi. Benny mengajak para dermawan yang ada di Riau untuk ikut memberikan donasi wakaf Alquran melalui http://bit.ly/WakafQuranSukuAkit atau bisa langsung ke kantor Aksi Cepat Tanggap Riau di jalan HR, Soebrantas, Kelurahan Tobek Gadang, Tampan, Pekanbaru.[]