Sumber Air Bersih Baru Warga Desa Sumberejo Gunung Kidul

Masyarakat Dusun Ngrau, Desa Sumberejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, selama ini kesulitan memenuhi kebutuhan air bersih. Selain mengandalkan bantuan air dari pemerintah atau dermawan, warga harus membeli dengan harga Rp 250-300 ribu per tangki dengan kapasitas 8000 liter.

Warga memanfaatkan air bersih yang mengalir di Dusun Ngrau dari sumur wakaf. (ACTNews)

ACTNews, GUNUNGKIDUL – Warga Dusun Ngrau, di Padukuhan Tulung, Desa Sumberejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul selama ini kesulitan air bersih. Dalam memenuhi kebutuhan, warga biasa membeli air seharga Rp 250-300 ribu per tangki dengan kapasitas 8000 liter atau mengandalkan bantuan air dari pemerintah dan dermawan

Kharis Pradana dari Tim Program Global Wakaf-ACT DI Yogyakarta menjelaskan, harga air bersih termasuk mahal bagi warga yang bermata pencaharian sebagai petani. “Mereka juga memiliki kebutuhan lain yang lebih mendesak, misal membeli lauk pauk atau membayar listrik,” kata Kharis.

Selain untuk kehidupan sehari-hari, warga Dusun Ngrau juga membutuhkan air untuk mengairi sawah. Jika tidak ada air, biasanya musim kemarau, para petani pun beralih pekerjaan menjadi buruh di kota.

Kharis menjelaskan, tidak jauh dari Dusun Ngaru, juga sudah ada satu sumur dari Global Wakaf – ACT, yakni di Dusun Putuk. Karena masih banyak warga yang masih kesulitan, satu sumur lagi pun dibangun dengan harapan meluaskan jangkauan penerima manfaat. “Di sana sebenarnya ada waduk, namun selalu kering,” tambah Kharis.


Sumur Wakaf yang dibangun di Dusun Ngrau berada di lingkungan Masjid Al Iman. Kharis berharap, air dari sumur wakaf nanti bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan jemaah masjid.

Supardi perwakilan warga Dusun Ngrau menyampaikan terima kasih atas Sumur Wakaf yang rampung dibangun Juli 2020 lalu. “Sumur ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan jemaah Masjid Al-Iman. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pewakif. Mudah-mudahan program-program Global Wakaf juga dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan,” ucap Supardi.


Pembangunan Sumur Wakaf di Dusun Ngrau. (ACTNews)


Dalam ikhtiar meluaskan manfaat Sumur Wakaf, khususnya di daerah DI Yogyakarta, Kharis mengajak para dermawan mendukung pembangunan Sumur Wakaf. Bantuan terbaik dapat disalurkan melalui rekening BNI Syariah di nomor 1010000171 atas nama Global Wakaf atau melalui Indonesia Dermawan. []