Sumber Air Dukung Kegiatan Belajar Santri

Di Agam, Global Wakaf-ACT pada awal April meresmikan Sumur Wakaf lengkap dengan fasilitas MCK. Sumber air dari pengelolaan dana wakaf ini akan mendukung kegiatan belajar santri yang tengah menimba ilmu.

Santri sedang mencoba air di MCK yang merupakan fasilitas yang Global Wakaf bangun lengjap dengan Sumur Wakaf. (ACTNews)

ACTNews AGAM – Awal April 2021, Global Wakaf-ACT resmi menghadirkan Sumur Wakaf di Musala Jamiyatul Hujjaj, Pesantren Tarbiyah Islamiyah di Desa Salareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam. Hadirnya sumber air ini agar santri serta warga setempat lebih mudah mengakses air, utamanya untuk kepentingan ibadah.

Peresmian Sumur Wakaf ini pun dihadiri Bupati Agam, Andri Warman yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Martias Wanto. Dalam sambutannya, Martias menguncapkan terima kasih atas terbangunnya sumur serta fasilitas MCK-nya. Bantuan sumber air ini menjadi wujud nyata kedermawanan masyarakat luas.

“Semoga kedepannya kita bisa tingkatkan lagi perhatian kepada santri,” ungkapnya, Kamis (1/4/2021).

Di Pesantren Tarbiyah Islamiyah, ada lebih dari 100 santri yang tengah menimba ilmu di sana. Mereka datang dari berbagai latar belakang keluarga, termasuk yang ekonominya masih prasejahtera. Dengan pembangunan Sumur Wakaf, harapannya santri bisa lebih bersemangat belajar.

Bendahara Yayasan Tarbiyah Islamiyah Junaidi Fitrian Doni pun mengungkapkan terima kasihnya atas peresmian Sumur Wakaf. Ia pun bahagia karena saat ini pesantrennya telah memiliki akses air bersih yang lebih mudah. “Mungkin sebagian besar dermawan tidak mengetahui pesantren ini, tapi insyaallah kebaikan juga akan mengalir ke kita semua,” ungkapnya.

Sumur Wakaf merupakan salah satu program dari Global Wakaf-ACT untuk menyediakan sumber air bersih yang layak bagi masyarakat. Saat ini, pembangunan sumur dan fasilitas serupa sudah dilakukan di berbagai daerah di Indonesia, khususnya yang mengalami krisis air bersih.

“Sumur Wakaf merupakan wujud nyata manfaat pengelolaan dana wakaf. Setiap orang pun bisa ambil bagian dalam ibadah ini,” ungkap Kepala Cabang Global Wakaf-ACT Bukittinggi Deni Marlesi.[]