Sumber Air Layak, Salah Satu Kebahagiaan Kampung Babakan Ciwit

Sumur Wakaf segera hadir di Kampung Babakan Ciwit Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya.

Proses pembangunan awal Sumur Wakaf. (ACTNews)

ACTNews, TASIKMALAYA Kampung Babakan Ciwit di Desa Rancapaku, Kecamatan Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya termasuk salah satu wilayah yang selalu mengalami kekeringan di musim kemarau, bahkan di pekan kedua Desember yang merupakan musim hujan.

Qadarullah, baru dua minggu enggak ada hujan. Sebagian kolam sudah mulai surut lagi, biasanya kalau kolam surut, sumur air juga ikut berubah warna, dan berkurang,” ungkap Maskun Gunawan, salah satu Ketua RT di Kampung Babakan, Kamis (10/12). Warga setempat biasanya memanfaatkan sumber air yang letaknya cukup jauh, sekitar satu kilometer dan ditempuh dengan berjalan kaki dan mengantre.

Fauzi Ridwan dari Tim Program Global Wakaf - ACT Tasikmalaya mengatakan, untuk membantu warga di sana, Global Wakaf berupaya Sumur Wakaf beserta MCK. “Alhamdulillah kita telah memulainya pada Selasa (8/12) lalu. Pembangunan Sumur Wakaf komunal ini merupakan pembangunan Sumur Wakaf yang ke sebelas dan diagendakan akan selesai dalam waktu dua pekan ke depan,” kata Fauzi.

Ucapan terima kasih disampaikan warga. Mereka amat bersyukur akan hadir sumber air yang bisa diandalkan di kampung mereka. “Perasaan senang tidak bisa diukur dengan kata-kata bagi warga yang menerima bantuan Sumur Wakaf ini. Mereka pun mendoakan kebaikan untuk para wakif,” tutupnya.[]