Sumur Wakaf Alirkan Air Bersih di Perbukitan Riau

Tinggal di perbukitan, Dusun Sigatal, Desa Rambah Samo, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, kerap kali mengalami kesulitan air. Ditambah daerah rumah mereka banyak ditanami sawit yang menyerap banyak kebutuhan air masyarakat.

Sumur Wakaf Alirkan Air Bersih di Perbukitan Riau' photo
Proses pembangunan Sumur Wakaf di Dusun Sigatal. (ACTNews)

ACTNews, KAMPAR – Lahan sawit yang diandalkan sebagai pencaharian bagi masyarakat, justru membawa kesulitan bagi orang lain. Diketahui secara umum, kebun sawit merupakan salah satu penyebab kekeringan wilayah di sekitarnya karena pohon sawit banyak mengkonsumsi air tanah. Hal tersebut turut terjadi di Dusun Sigatal, Desa Rambah Samo, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

“Selama ini air bersih hanya dapat diperoleh melalui sumur gali cincin, atau pedagang air. Namun dijual dengan harga cukup mahal yaitu Rp 150 ribu per 1.000 liter,” kata Moch Nurul Ramadhan pada Jumat (26/6) lalu.

Untuk mendapatkan air bersih melalui sumur bor hanya bisa dari sumur kedalaman lebih dari 50 meter. Ini dikarenakan lokasi berada di daerah berbukit, lapisan tanah adalah bebatuan keras, sehingga sulit untuk pembuatan sumur cincin.


Warga sekitar sedang memanfaatkan Sumur Wakaf yang baru selesai. (ACTNews)

“Apabila dibuat sumur bor di daerah dengan karakter seperti itu, maka memakan biaya lebih mahal dibandingkan wilayah dengan tanah normal,” ujar Nurul. Sementara penghasilan warga yang sebagian besar buruh tani dengan rata-rata Rp1,5 juta hingga Rp2 juta per bulan. Lebih jauh dari itu, lebih dari 40 % rumah warga belum memiliki MCK sendiri.

Untuk itu, Global Wakaf – ACT membangun satu unit Sumur Wakaf untuk warga Dusun Sigatal. Pengerjaan Sumur Wakaf sejak Januari lalu, rampung pada bulan Juni ini. Dilengkapi dengan 2 unit toilet, 2 keran air, dan toren air berkapasitas 2.000 liter air, Sumur Wakaf ini akan mengalirkan manfaat untuk warga dan jemaah Masjid Nurul Huda tempat sumur itu berdiri.


“Insyaallah sebanyak 73 kepala keluarga atau 219 jiwa yang akan mendapatkan manfaat dari hadirnya Sumur Wakaf ini, yang mana mereka juga merupakan jemaah Masjid Nurul Huda. Semoga amanah dari wakif ini dapat bermanfaat bagi mereka sampai seterusnya,” harap Nurul.

Warga antusias dengan hadirnya Sumur Wakaf di wilayah mereka. Dedi salah satunya, yang menyatakan terima kasih atas pembangunan sumur ini. “Kami berterima kasih atas pembangunan Sumur Wakaf di desa ini. Semoga pahalanya terus mengalir dan tentu saja ini sangat bermanfaat bagi warga di kampung kami,” ungkapnya. []


Bagikan