Sumur Wakaf Amat Berarti bagi Warga Marka, Somalia

Agustus hingga Oktober nanti, Global Wakaf - ACT tengah membangun lima Sumur Wakaf di Distrik Marka, Somalia. Akses air dan penyediaan air minum juga berdampak ke penurunan angka kematian anak, pengurangan tingkat kelaparan, dan pengurangan mobilitas masyarakat untuk mencari air bersih.

Sumur Wakaf di Desa Cagaran, Distrik Marka, Somalia yang usai dibangun Agustus lalu. (ACTNews)

ACTNews, MARKA – Marka adalah kota pelabuhan di pesisir Somalia. Terletak 90 kilometer barat daya Ibu Kota Somalia, Mogadishu. Kekurangan air bersih untuk minum menjadi problematika penduduk atau pun pengungsi di wilayah ini.

Andi Noor Faradiba dari tim Global Humanity Response - Aksi Cepat Tanggap melaporkan, sejak Agustus lalu, Global Wakaf-ACT berikhtiar membangun lima Sumur Wakaf di Marka. “Ada empat desa. Yaitu di Desa Celmunye dua sumur, Desa Xaji Cise, Desa Cagaran, dan Desa Dalugta. Insyaallah projek ini membutuhkan waktu hingga Oktober nanti,” jelas Faradiba.

Sumur Wakaf ini akan dimanfaatkan hingga 250 kepala keluarga. Sumur yang dibangun merupakan galian dangkal sedalam 15-20 meter. Sumur akan dipasang pompa tangan untuk memudahkan penduduk menimba air.

“Kurangnya akses ke air minum yang aman merupakan perhatian utama di Somalia. Wilayah selatan-tengah merupakan wilayah yang paling banyak terkena dampak kekeringan dan pada saat yang sama menampung semakin banyak pengungsi,” tambah Faradiba.

Sumber air bersih bukan semata untuk mencukupi kehidupan sehari-hari, tetapi berdampak jauh bagi kehidupan masyarakat Somalia. Faradiba menjelaskan, akses air berdampak ke penurunan angka kematian anak, pengurangan tingkat kelaparan, dan pengurangan mobilitas masyarakat untuk mencari air bersih

“Di sebagian besar wilayah, perempuan dan anak-anak harus melakukan perjalanan jauh untuk mengambil air yang tidak higienis untuk minum dan keperluan rumah tangga. Terkadang kematian ternak ataupun manusia terjadi karena kehausan,” ceritanya.

Amanah kepedulian masyarakat Indonesia telah disampaikan kepada saudara-saudara kita di Somalia. Faradiba mengajak, untuk terus membantu mereka, sahabat dermawan masih bisa memberikan sedekah terbaik melalui BNI Syariah ke 0096110239 atas nama Aksi Cepat Tanggap.[]