Sumur Wakaf Atasi Kekeringan di Kampung Karanganyar

Sumur Wakaf di Kampung Karanganyar hadir atas buah kedermawanan wakif Global Wakaf. Kehadiran Sumur Wakaf amat dinanti warga. Pasalnya, air bersih sangat sulit ditemukan, bahkan di musim hujan.

Sumur Wakaf Atasi Kekeringan di Kampung Karanganyar' photo
Sumur Wakaf di Kampung Karanganyar merupakan sumur yang ke-357 yang dibangun oleh Global Wakaf-ACT. (ACTNews/Rimayanti)

 ACTNews, TASIKMALAYA – Global Wakaf- ACT Tasikmalaya meresmikan satu unit Sumur Wakaf di Kampung Karanganyar, Desa Cipondok, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (16/1). Kehadiran Sumur Wakaf ini untuk membantu meredam dampak kekeringan di Karanganyar dan sekitarnya.

M. Fauzi Ridwan dari Tim Program Global Wakaf - ACT Tasikmalaya menuturkan bahwa Kampung Karanganyar termasuk wilayah terdampak kekeringan di Tasikmalaya. “Cukup lama, sampai berbulan-bulan kekeringan di sini. Kami pun sebelumnya sudah beberapa kali mengirimkan bantuan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warga saat terjadi darurat air bersih. Sekarang alhamdulillah kehadiran Sumur Wakaf menjadi solusi jangka panjang atas permasalahan krisis air bersih di Karanganyar,” ungkapnya

Sumur Wakaf di Kampung Karanganyar hadir atas buah kedermawanan wakif Global Wakaf. Kehadiran Sumur Wakaf amat dinanti warga. Pasalnya, air bersih sangat sulit ditemukan, bahkan di musim hujan. 

Kebaikan wakif pun disambut salah satu warga yang juga mempersilakan pembangunan Sumur Wakaf tersebut di halaman rumahnya. Ia mewakafkan area rumahnya untuk pembangunan Sumur Wakaf. Dari sana, air dialirkan ke rumah warga lainnya menggunakan sistem pipanisasi.

Tidak hanya rumah, masjid dan madrasah ikut teraliri air bersih dari Sumur Wakaf ini. Selain itu, sebuah MCK juga dibangun di depan Masjid Al Huda. Sebelumnya masjid tersebut belum memiliki fasilitas MCK dan tempat wudu. Kini, air dari Sumur Wakaf beserta fasilitas MCK dapat  dimanfaatkan masyarakat yang beribadah ke Masjid Al Huda. 

Warga sangat bersuka cita atas hadirnya Sumur Wakaf, seperti yang ungkapkan Euis Nani, salah satu warga Karanganyar. “Ieu teh sanes mung kaleresan wungkul namun tos janteun takdir gusti anu kawasa, pang du’a ti sadaya masyarakat anu salami ieu sesah cai alhamdulillah ku hadirna sumur wakaf ieu manfaat pisan kangge urang sadayana, abdi ngawakilan masyarakat teu tiasa ngabales nanaon mung tiasa ngaduakeun ku doa. Jazakumullahu khairan katsir (Ini bukan semata-mata kebetulan, tapi sudah menjadi takdir yang Maha Kuasa dari doa seluruh masyarakat yang selama ini mengalami kesulitan air. Alhamdulillah hadirnya Sumur Wakaf the i sangat bermanfaat bagi kami semuanya. Saya mewakili masyarakat tidak dapat membalas kebaikan anda, hanya bisa mendoakan semoga Allah membalas dengan kebaikan yang banyak),” ungkap Euis Nani, salah satu warga Karanganyar.

Sumur Wakaf di Kampung Karanganyar merupakan sumur yang ke-357 yang dibangun oleh Global Wakaf-ACT. Sementara itu, di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya sendiri ada 7 Sumur Wakaf yang telah dibangun. []


Bagikan