Sumur Wakaf, Bukti Dermawan Indonesia Terus Dampingi Rohingya

Oktober ini, Sumur Wakaf kembali hadir untuk warga terdampak krisis kemanusiaan. Bertempat di Rakhine, tiga Sumur Wakaf dibangun untuk etnis Rohingya di Desa U Yin Thar, Sittwe.

Sumur Wakaf, Bukti Dermawan Indonesia Terus Dampingi Rohingya' photo
Warga Desa U Yin Thar, Sittwe, di Rakhine, berkumpul meresmikan Sumur Wakaf dari masyarakat Indonesia yang dibangun Global Wakaf-ACT. (ACTNews)

ACTNews, RAKHINE – Dermawan Indonesia kembali menyapa Rohingya. Kali ini melalui program Sumur Wakaf yang terus mengalirkan manfaat di Wilayah Sittwe, Rakhine, Myanmar. Sittwe adalah salah satu wilayah dengan kekeringan ekstrem. Hujan yang lama tidak turun membuat warga Rohingya di Sittwe harus mengambil air bersih dari jarak yang jauh dari rumah atau tempat pengungsian mereka.

Global Wakaf - ACT berkolaborasi dengan berbagai donatur dan mitra berikhtiar menghadirkan sumber air. Oktober ini, tiga Sumur Wakaf terwujud di Desa U Yin Thar, Sittwe. Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Response - ACT melaporkan,  kondisi air bersih di Desa U Yin Thar amat memprihatinkan. Air  masih sangat terbatas. “Semisal di Desa U Yin Thar, ada 2.600 keluarga, namun tiga sumur wakaf yang ada baru bisa memenuhi kebutuhan 75 keluarga. Kenyataan ini masih jauh dari cukup. Sangat banyak keluarga yang masih membutuhkan air bersih,” kata Firdaus.

Pembangunan Sumur Wakaf dilakukan pada 1-13 Oktober lalu. Total, 450 jiwa dapat merasakan keberadaan sumur yang maksimal bisa bertahan empat tahun ini. “Sumur yang dibangun ini adalah jenis sumur pompa. Hanya dapat bertahan maksimal di tahun keempat, sebab, lambat laun sumber air mengering di tempat ini mengering. Warga mungkin tidak bisa menggunakan lagi sumur pompa lama dan diperlukan pembangunan sumur pompa di sumber air baru,” jelas Firdaus. 

Krisis air bersih yang dialami Rohingya, lanjut Firdaus, perlu dukungan dari banyak pihak. Mendukung para korban kemanusiaan menjadi Ikhtiar yang memanusiakan manusia. Di satu sisi, dalam membantu kesediaan sumur wakaf, Sahabat Dermawan turut menghidupkan program-program wakaf yang menjadi pionir pemberdayaan umat.[]