Sumur Wakaf Dekatkan Akses Air Warga Pesisir Selatan

Sumur Wakaf yang dibangun akan dilengkapi dengan MCK, mengingat beberapa MCK yang digunakan oleh warga setempat kurang layak.

Sumur Wakaf Dekatkan Akses Air Warga Pesisir Selatan' photo
Pembangunan Sumur Wakaf di Baliak Bukik Kampung Tampunik ini diperkirakan akan selesai pada pertengahan bulan depan. (ACTNews)

ACTNews, PESISIR SELATAN - Sungai letaknya sekitar satu kilometer dari permukiman, sedangkan pegunungan lebih kurang 600 meter dari permukiman warga Baliak Bukik Kampung Tampunik, Nagari Kambang Timur, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Musala Al Fatih yang ada di desa itu, pada akhirnya menjadi salah satu tempat warga mengandalkan air.

Aan Saputra dari Tim Global Wakaf-ACT Sumatra Barat kemarin menceritakan, air dari Sumur Wakaf yang diinisiasi oleh Global Wakaf sudah mengalir semenjak bulan September lalu. Kini Sumur Wakaf tersebut tengah ditambahkan fasilitas MCK untuk kebutuhan sanitasi warga.

“Selain mengalirkan air bersih, kita juga membangun MCK. Sekarang sudah memasuki tahap pembangunan, karena kemarin baru saja pondasinya selesai. Mungkin pertengahan bulan depan akan rampung dan MCK sudah akan siap untuk digunakan,” ujar Aan, pada Senin (21/10).

Kondisi air di sana memang cukup bagus, namun permasalahannya aksesnya agak sulit untuk dijangkau. Letak Baliak Bukik Kampung Tampunik yang berada di perbukitan, membuat medan menuju sumber air jadi agak sulit dicapai.


Pemukiman yang berada di atas perbukitan, membuat akses air warga menjadikan akses air agak sulit. (ACTNews)

Selain akses air, banyak warga juga yang belum memiliki MCK sehingga sanitasinya dapat dikatakan kurang layak. Sebagian besar warga masih menggunakan tempat buang air sendiri yang mereka tutupi dengan karung.

“Kalau untuk MCK-nya, warga sering membuat MCK sendiri. Tapi dindingnya dari karung dan lubang kakus mereka seadanya saja. Terkadang juga mereka buang air di sungai atau semak-semak juga, selain dengan MCK buatan tadi,” jelas Aan.

Rencananya untuk ke depan, Musala Al Fatih akan menjadi sentralisasi dari warga-warga yang belum memiliki MCK maupun akses mudah ke air bersih. Diperkirakan 60 kepala keluarga akan mendapatkan manfaat dari adanya Sumur Wakaf ini. []

Bagikan