Sumur Wakaf Dermawan Bangka Belitung Penuhi Kebutuhan Air Faskes di Gaza

Sumur Wakaf yang dibangun dari sedekah masyarakat Bangka Belitung, hadir di salah satu fasilitas kesehatan (faskes) di Gaza. Diharapkan, Sumur Wakaf mampu memenuhi kebutuhan air untuk aktivitas, khususnya medis, di faskes tersebut.

sumur wakaf palestina
Proses pembangunan Sumur Wakaf di dekat Masqat Medical Center. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Sumur Wakaf hasil patungan masyarakat Bangka Belitung dibangun di Gaza, Palestina. Sumber air tersebut dibangun di samping fasilitas kesehatan (faskes) Masqat Medical Center di timur Jabalia, Gaza Utara. Diharapkan, air dari Sumur Wakaf mampu memasok kebutuhan air untuk faskes berdiri sejak 2020 lalu tersebut.

Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Response-ACT, menjelaskan, Masqat Medical Center merupakan pusat kesehatan yang memberikan layanan kesehatan gratis kepada warga Gaza, termasuk penampungan bagi korban luka  serangan Israel. Selain itu, faskes ini juga memberikan vaksinasi yang diperlukan terhadap penyakit dan virus, terutama vaksin untuk Covid-19.

"Dengan kedermawanan masyarakat Bangka Belitung, maka hadirlah sumur yang mampu menghasilkan ribuan liter air tiap harinya ini. Para staf dan pasien di Masqat Medical Center tidak perlu lagi khawatir kekurangan air. Mereka dapat memanfaatkan air tersebut untuk kepentingan sanitasi, air minum, dan pengelolaan kebersihan faskes," jelas Firdaus, Rabu (22/12/2021). 

Selain untuk kepentingan faskes, tambah Firdaus, Sumur Wakaf juga dapat dimanfaatkan secara gratis oleh warga sekitar. Berdasarkan data yang dihimpun ACT, terdapat lebih dari seribu keluarga yang tinggal di sekitar Sumur Wakaf ini. Mayoritas keluarga dalam kondisi miskin atau pengungsi internal yang tidak memiliki pekerjaan dan tinggal di tenda-tenda sederhana. Sementara mereka yang bekerja adalah petani musiman yang hanya memiliki pendapatan di bulan-bulan tertentu.

"Insyaallah, air dari Sumur Wakaf juga dapat disalurkan ke lahan petanian di sekitar lokasi," jelas Firdaus.[]