Sumur Wakaf di Dusun Bollangi Targetkan Bantu 500 Jiwa

Dusun Bollang termasuk salah satu dusun yang terdampak kekeringan cukup parah di Sulawesi Selatan. Terkadang sumur dangkal kering sama sekali akibat kemarau panjang.

Sumur Wakaf di Dusun Bollangi Targetkan Bantu 500 Jiwa' photo
Sumur Wakaf yang dibangun di dalam areal Pesantren Darul Istiqamah Timbuseng ini, juga dapat digunakan untuk warga umum. (ACTNews)

ACTNews, GOWA - Sumur Wakaf dari Global Wakaf kini mengalirkan air di Dusun Bollangi, Desa Timbuseng, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Meskipun dibangun di area Pesantren Darul Istiqamah, warga umum juga memanfaatkan air dari Sumur Wakaf itu.

“Walaupun dibangun di area pesantren, publik boleh sekali menggunakan air ini. Dari semua santri dan warga, kita menargetkan ada sekitar 500 jiwa yang terbantu kebutuhan air bersihnya dengan hadirnya Sumur Wakaf ini,” kata Nur Ali Akbar dari tim Global Wakaf, Senin (4/11).

Dusun Bollangi adalah termasuk daerah yang mengalami kesulitan air bersih, terutama ketika musim kemarau tiba. Sumur dangkal yang digunakan oleh warga bahkan sampai kering total.

“Sebenarnya ada alternatifnya, yakni PDAM. Hanya saja warga harus antre menunggu. Biasanya air baru mengalir sekitar jam satu dini hari hingga subuh. Selepas itu, airnya sudah tidak mengalir lagi. Jadi banyak warga yang tidak kebagian karenanya,” cerita Nur Ali.


Seorang pekerja sedang mengebor Sumur Wakaf. (ACTNews)

Air yang diperoleh untuk warga biasanya hanya digunakan untuk kebutuhan utama, seperti konsumsi dan MCK. Ke depannya, tim sedang menunggu rampungnya pembangunan MCK untuk melengkapi Sumur Wakaf yang sudah ada.

“Bulan ini insyaallah rampung semua. Saat ini kita sedang membangun MCK agar Sumur Wakaf ini tidak hanya menyediakan akses untuk air bersih, tapi juga memfasilitasi warga untuk sanitasi. Rabu (30/10) kemarin, Sumur Wakaf sudah bisa dimanfaatkan warga, bahkan dinding-dinding MCK sudah mulai diplester oleh pekerja yang telah disediakan oleh pihak pesantren,” ujar Nur Ali.

Pihak pesantren juga menyambut positif dengan adanya bantuan dari para dermawan lewat Global Wakaf tersebut. Pihak pesantren menyampaikan terima kasihnya karena dengan adanya Sumur Wakaf ini tidak hanya kebutuhan santri mereka yang terbantu, tapi juga membantu kepentingan warga banyak.

“Perwakilan pesantren serta warga beberapa kali menyampaikan terima kasihnya kepada Global Wakaf, karena mereka terbantu untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Terutama saat kemarau seperti ini. Mereka juga banyak mendoakan para dermawan agar apa yang diupayakan oleh para dermawan ini kembali menjadi berkah,” ucap Nur Ali. []

Bagikan