Sumur Wakaf di Ganjuran Resmi Digunakan

Setelah melewati proses pembangunan, Sumur Wakaf dengan fasilitas kebersihan serta penyaringan air resmi digunakan oleh santri dan warga sekitar.

Proses pembangunan Sumur Wakaf di Ganjuran, Bantul. (ACTNews)

ACTNews, BANTUL – Menjelang akhir Agustus, tepatnya Sabtu (21/8/2021), Global Wakaf-ACT Bantul merampungkan sekaligus meresmikan Sumur Wakaf di Pesantren Az-Zakiyah, Bantul. Sumur yang terletak tak jauh dari gereja legendaris Ganjuran, Bantul, ini memiliki kedalaman 50 meter dan airnya mampu dinikmati oleh santri dan warga sekitar. Memiliki tipe sumur konsumtif, membuat air dari sumur ini bisa digunakan untuk keperluan harian warga.

Selain sumur, Global Wakaf-ACT juga membangun fasilitas tempat wudu serta melakukan pengadaan mesin reverse osmosis yang mampu menghasilkan air jernih untuk konsumsi yang telah melewati proses saring yang baik.

Pembina Pesantren Az-Zakiyah Isnaini Mangasiroh mengungkapkan terima kasih kepada seluruh dermawan yang sudah menyalurkan kepeduliannya untuk pembangunan sumur melalui Global Wakaf-ACT. Pasalnya, sumber air bersih menjadi idaman santri. Selama ini, mereka mengambil air dengan cara menimba dari sumur warga.

“Alhamdulillah sekarang kami sudah punya sumur sendiri, ditambah fasilitas RO sehingga tak perlu lagi beli air galon. Semoga menjadi amal jariah bagi seluruh dermawan,” ungkapnya.

Acara peresmian sumur ini turut dihadiri oleh santri, warga sekitar, pengurus pesantren, tim Global Wakaf-ACT serta ahli tanah Sri Manu Rohmiyati. Dalam sambutannya, Kepala Cabang Global Wakaf-ACT Bantul Muhammad Syamsul Huda mengatakan, Pesantren Az-Zakiyah merupakan salah satu pesantren yang mencetak penghapal Al-Qur’an. Sehingga, sangat diperlukan dukungan dari banyak pihak untuk keberlangsungan dan kemudahan santri agar dapat terus belajar.

"Alhamdulillah, pembangunan sumur di Az-Zakiyah sudah selesai dan bisa digunakan untuk para santri dan warga sekitar. Sumur ini merupakan wakaf serta sedekah dari dermawan melalui platform Indonesia Dermawan. Semoga dengan pembangunan sumur ini para santri dan warga dapat menikmati air yang layak untuk digunakan sehari-hari maupun untuk dikonsumsi langsung," ujarnya.[]