Sumur Wakaf, Hadiah yang Hadir di Bulan Ramadan untuk Masyarakat Deir Al Balah

Dengan kedalaman 39 meter, sumur ini bisa menghasilkan 10.000 liter air tawar per jam. “Sumur ini seperti menjadi hadiah untuk masyarakat Deir Al Balah saat menyambut Ramadan. Sumber air ini dapat diakses 330 keluarga,” kata Said.

Sumur Wakaf di Masjid Jaffa Islamic Center Dair Al Balah, Gaza.
Aliran air dari sumur wakaf di Masjid Jaffa Islamic Center Dair Al Balah, jalur Gaza

ACTNews, GAZA — Upaya untuk menghadirkan Air bersih di Gaza terus dilakukan Global Wakaf dan Aksi Cepat Tanggap. Terbaru, sumur wakaf dibangun di Masjid Jaffa Islamic Center, Deir Al Balah, Gaza. Air di kota ini asin sehingga kurang layak dikonsumsi oleh ataupun digunakan untuk berwudu dan mandi oleh warga.

Said Mukaffiy dari Global Humanity Response-ACT melaporkan, pembangunan sumur dilakukan sejak awal Maret dan rampung awal April. Dengan kedalaman 39 meter, sumur ini bisa menghasilkan 10.000 liter air tawar per jam. “Sumur ini seperti menjadi hadiah untuk masyarakat Deir Al Balah saat menyambut Ramadan. Sumber air ini dapat diakses 330 keluarga,” kata Said. 

Said menambahkan, di bulan Ramadan ini, program sumur wakaf masih akan terus diimplementasikan di beberapa titik di kota Gaza, mengingat masih banyak daerah yang membutuhkan akses ke sumber air. “Sumur wakaf ini tentunya tidak terlepas dari kedermawanan masyarakat Indonesia yang peduli dengan warga Gaza. Mereka membutuhkan bantuan kita untuk bisa keluar dari krisis air,” ujar Said.[]