Sumur Wakaf Hadirkan Solusi Air Bersih di Dusun Pakiringan

Air bersih sulit didapat di Dusun Pakiringan, Desa Bantarkawung, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes. Saat kemarau tiba, warga dilanda kekeringan dan sumber air yang tersedia cenderung keruh.

Pembangunan Sumur Wakaf di Dusun Pakiringan.
Seorang warga sedang berwudu di Sumur Wakaf yang baru saja dibangun di Dusun Pakiringan. (ACTNews)

ACTNews, BREBES – Air  bersih masih sulit untuk diperoleh di Dusun Pakiringan, Desa Bantarkawung, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes. Daerah yang secara topografi berada di wilayah dataran rendah ini, kerap kali mengalami kesulitan air ketika memasuki musim kemarau.

Kondisi daerah berupa daratan, persawahan dan perbukitan juga mempengaruhi kualitas air. Seperti yang terjadi di Musala Annawi di dusun tersebut, jemaah harus menggunakan air dengan kualitas yang kurang bersih.

“Meskipun lokasi musala tepat berada di samping aliran sungai, namun aliran sungainya kotor. Membuat warga kesulitan untuk MCK atau wudu ketika beribadah jemaah di musala,” kata Moch. Nurul Ramadhan dari Tim Global Wakaf – ACT. Begitu juga dengan fasilitas sanitasi yang masih minim di musala tersebut.


Proses pembangunan Sumur Wakaf yang dibantu oleh masyarakat setempat. (ACTNews)

Global Wakaf – ACT berikhtiar menuntaskan kondisi ini dengan membangun satu unit Sumur Wakaf di Musala Annawi. Pembangunan dimulai pada November lalu, dan telah selesai pada Selasa (22/12/2021) silam.

“Harapannya akan membantu meringankan beban warga desa di sekitar lokasi Sumur Wakaf saat memasuki musim kemarau dan memberikan kemudahan pada warga desa untuk beribadah. Karena letaknya pun masih satu kawasan dengan musala. Pembangunan ini kita harapkan juga akan bermanfaat tidak hanya bagi warga jemaah Musala Annawi, tapi juga untuk masyarakat secara umum,” ujar Nurul.  


Nurul mengajak para dermawan untuk meluaskan manfaat Sumur Wakaf di wilayah-wilayah lainnya yang masih membutuhkan air bersih. “Masih banyak lagi daerah yang mendesak akan kebutuhan air bersih seperti di Dusun Pakiringan ini. Karenanya kami mengajak para dermawan untuk terus meluaskan manfaat Sumur Wakaf ke wilayah lainnya dengan wakaf terbaiknya,” ajak Nurul.

Masyarakat turut mengucap syukurnya atas dibangunnya Sumur Wakaf di Dusun Pakiringan ini. Salah satunya diungkapkan oleh Ali Hamdani. Ia mengucapkan terima kasihnya kepada tim, maupun warga yang sudah bergotong-royong menghadrikan air bersih di Musala Annawi. "Sekali deui, terima kasih dan maafkan saya atas segala kekurangan saya. Diiringi dengan doa Jazaakallahu khairan katsiiran amin,” harap Ali. []