Sumur Wakaf Jadi Solusi Rawan Kekeringan di Dusun Kece

Dusun Kece, Kabupaten Madiun, rawan kekeringan di kala kemarau panjang. Masyarakat bahkan sampai harus menentukan prioritas kebutuhan untuk menghemat air kala kekeringan.

sumur wakaf masjid
Musala Nurul Huda di Dusun Kece, yang kini telah dilengkapi oleh Sumur Wakaf Masjid dari Global Wakaf-ACT. (ACTNews)

ACTNews, KABUPATEN MADIUN – Dusun Kece, Desa Sumberbendo, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, memang sering rawan kekeringan ketika memasuki musim kemarau panjang. Sumber air yang dimiliki warga di rumah masing-masing akan berkurang drastis atau malah mengering sama sekali.

“Saat kekeringan, beberapa warga tidak bisa mandi. Karena lebih mengutamakan air dipakai untuk minum ataupun makan,” ujar Aferu Fajar dari Tim Global Wakaf-ACT Madiun. ACT bahkan sempat mengirimkan bantuan 3.000 liter bantuan air bersih di dusun ini saat bencana kekeringan pada tahun 2019 lalu.

Selain untuk kebutuhan dasar, kekeringan juga mendampak lahan mereka. Umumnya mata pencaharian warga didaerah ini adalah petani. Baik petani sawah, maupun petani porang, dan pekerjaan warga ini sedikit terhambat pada saat musim kemarau. “Untuk penghasilannya pada saat kekeringan, tidak menentu. Karena sangat menggantungkan dari air yang bisa didapat,” kata Aferu pada Selasa (12/10/2021).


Demikian juga untuk Musala Nurul Huda di dusun tersebut. Musala ini bahkan tak memiliki fasilitas MCK. “MCK-nya masih ikut dengan fasilitas yang dimiliki warga sekitar. Sehingga kalau mau berwudu, harus menumpang di rumah warga,” ungkap Aferu.

Untuk itu, Global Wakaf-ACT membangun Sumur Wakaf Musholla di Musala Nurul Huda. Sumur Wakaf ini telah rampung dan dapat dimanfaatkan warga sejak Januari lalu. “Sumur Wakaf ini hadir untuk melengkapi fasilitas musala berupa sanitasi. Kita berharap juga nantinya selain dapat memenuhi kebutuhan air para jemaah, Sumur Wakaf ini juga dapat dimanfaatkan warga umum dusun ini yang berjumlah sekitar 72 orang,” harap Aferu.

Suwarno salah seorang warga Dusun Kece pun mengapresiasi bantuan dari para Sahabat Wakif ini. “Alhamdulillah, sudah keluar airnya. Biasanya saya mengambil air di (sumber air sekitar) sawah, dan jauh. Sekarang alhamdulillah, ada air bersih dari Sumur Wakaf. Terima kasih banyak donatur-donatur Global Wakaf-ACT,” ucapnya. []