Sumur Wakaf Keluarga Tunjang Kebutuhan MCK Warga Pandeglang

Hadirnya Sumur Wakaf Keluarga, juga diharapkan dapat mengubah kebiasaan MCK masyarakat yang kerap dilaukukan di pinggir sungai.

ACTNews, PANDEGLANG - Setelah hampir satu bulan dibangun, kini seluruh Sumur Wakaf Keluarga di Desa Kadugadung dan Kaducekek, Kecamatan Cipeucang, Kabupaten Pandeglang, Banten, pada akhirnya selesai seluruhnya. Sebanyak 10 Sumur Wakaf keluarga telah dapat digunakan semenjak 27 Agustus lalu.

“Alhamdulillah, tanggal 27 Agustus kemarin sudah terpasang semua prasastinya dan semua Sumur Wakaf Keluarga sudah dapat digunakan oleh penerima manfaat,” kata Sukma dari tim Global Wakaf, Kamis (29/8).

Sukma mengungkapkan bahwa kehadiran Sumur Wakaf adalah untuk menunjang kegiatan MCK masyarakat agar lebih nyaman. Hal ini karena biasanya masyarakat menggunakan air dari sungai untuk berbagai keperluan.

“Jadi Sumur Wakaf Keluarga ini lebih ke arah pribadi, berbeda dengan Sumur Wakaf Publik. Di desa ini, masyarakatnya suka menggunakan air di sungai. Jadi, kegiatan MCK dan lainnya juga mereka lakukan di tepi sungai. Dengan membuat Sumur Wakaf untuk keluarga-keluarga di sini, harapannya dapat mempermudah aktivitas MCK mereka,” kata Sukma.


Rofiudin selaku salah satu Ketua RT di Desa Kadugadung, mengamini perilaku warga yang masih banyak beraktivitas di sungai. Rumah Rofiudin sendiri belum memiliki kamar mandi sendiri. Selama ini, ia serta sekitar tujuh rumah lain di wilayahnya mengandalkan kali sebagai sumber kebersihan.

“Ya di sini buat mandi, buang air, cuci pakaian sama piring. Kecuali buat masak sama minum, itu beli. Harganya 5 ribu (rupiah) per galon, sama ongkos kirimnya 10 ribu (rupiah). Paling dua galon bisa untuk dua sampai tiga hari,” ungkap Rofi, menunjukkan sungai yang ada di belakang rumahnya pada awal Agustus lalu.

Rofiudin bersyukur Sumur Wakaf dapat memudahkan warganya dalam beraktivitas. Ia berharap, kehadiran Sumur Wakaf Keluarga dapat mengubah kebiasaan MCK warganya.

Begitu pula dengan Almuktarodi selaku Kepala Desa Karanggadung yang juga menyambut baik program Sumur Wakaf Keluarga. Ia berterima kasih kepada seluruh tim Global Wakaf yang berperan membangun Sumur Wakaf Keluarga. Ia juga berharap, adanya Sumur Wakaf Keluarga juga dapat menciptakan kesadaran di masyarakat untuk melakukan aktivitas MCK yang lebih teratur.

“Dengan program ini mudah-mudahan masyarakat bisa beralih untuk membersihkan diri itu bukan di sungai, tapi di rumah. Dan ke depannya, semoga masyarakat lebih bisa memperhatikan kebersihan dan memberikan pemahaman betapa pentingnya air bersih itu,” kata Almuktarodi. []