Sumur Wakaf Lengkapi Fasilitas Pendidikan di Madrasah Al Ma’ruf

Madrasah Diniyah Al Ma’ruf tidak memungut bayaran bulanan untuk para santri. Meski dengan biaya operasional dan minimnya fasilitas, madrasah ini mesti terus berkembang mengikuti pertumbuhan jumlah santri.

sumur wakaf madrasah
Pemanfaatan Sumur Wakaf di Madrasah Diniyah Al Ma'ruf sekaligus edukasi tentang erilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk para santri. (ACTNews)

ACTNews, KOTA SERANG – Para santri yang belajar di Madrasah Diniyah Al Ma’ruf, tidak perlu membayar SPP sama sekali. Sebab banyak santri di madrasah ini berasal dari keluarga buruh, maupun orang tua dengan ekonomi prasejahtera. Para guru pun mengajar berlandaskan semangat serta keyakinan bahwa Allah SWT akan membalas kerja keras mereka.

“Madrasah ini didirikan pada tahun 2017 oleh Ustaz Rohmatullah dan istri yang tergugah melihat anak-anak generasi muda Islam yang belum mendapatkan pendidikan agama sedari dini. Sehingga mereka merintis lembaga pendidikan ini dengan segala daya,” ungkap Sukma Jayalaksana sebagai Head of Program ACT Serang Raya pada Kamis (30/12/2021) lalu.

Di awal berdiri, Madrasah Diniyah Al Ma’ruf hanya rumah belajar mengaji Al-Qur’an tanpa ruang kelas. Tetapi masyarakat antusias menyambut kehadiran wadah pendidikan di tempat mereka, sehingga warga membantu pembangunan ruang belajar di sekitar rumah Ustaz Rohmat. Saat ini ada sekitar 30 murid yang belajar Al-Qur’an di madrasah yang terletak di Kelurahan Cilaku, Kecamatan Curug, Kota Serang ini.


Madrasah Al Ma'ruf berdiri pada tahun 2017 dengan tujuan mendidik generasi-generasi muda Islam. (ACTNews)

Tetapi seiring bertambahnya jumlah murid, banyak fasilitas juga yang mesti hadir untuk mempermudah kegiatan madrasah ini. Salah satunya yakni sarana air bersih, tempat wudu, dan MCK. “Kondisi MCK yang ada di madrasah dapat dikatakan belum layak, dan setiap berkegiatan pun para santri mesti mengantre,” kata Sukma.

Global Wakaf-ACT membantu menuntaskan persoalan ini dengan membangun Sumur Wakaf Madrasah untuk Madrasah Al Ma’ruf. Fasilitas sanitasi ini telah selesai dan dapat dimanfaatkan sejak akhir Oktober 2021 lalu.


Beberapa masyarakat di sekitar pondok pun, masih ada yang belum memiliki MCK. “Sehingga manfaat dari Sumur Wakaf Madrasah ini, kita harapkan juga dapat dirasakan oleh masyarakat di sekitar pondok,” ujar Sukma.

Ustaz Rohmatullah pun bersyukur dengan hadirnya Sumur Wakaf untuk Madrasah Al Ma’ruf. “Terima kasih kepada donatur dan relawan, yang sudah membantu pembangunan Sumur Wakaf ini. Dan semoga Allah memberikan kemudahan untuk urusan kita semua, serta semoga Sumur Wakaf ini dapat membawa kemaslahatan bersama,” ucapnya. []