Sumur Wakaf Lengkapi Fasilitas Sanitasi Masjid Al-Khaliq

Lewat Sumur Wakaf, Global Wakaf-ACT mempermudah sanitasi di Masjid Al-Khaliq, Desa Donggulu Selatan, Sulawesi Tengah. Sebelumnya jemaah cukup kerepotan karena fasilitas MCK yang mengalami kerusakan.

sumur wakaf act
Sumur Wakaf ini ditargetkan dapat mempermudah sanitasi dari 250 jemaah dan 300 kepala keluarga di sekitar masjid. (ACTNews)

ACTNews, PARIGI MOUTONG – Jemaah Masjid Al-Khaliq di Desa Donggulu Selatan, Kecamatan Kasimbar, Kabupaten Parigi Moutong, cukup kerepotan ketika akan beribadah. Sebab sarana air bersih yang kurang memadai di masjid, mereka akhirnya mesti mengambil air di rumah warga.

“Sebenarnya Masjid Al-Khaliq sudah memiliki sumber air dan dapat dimanfaatkan oleh jemaah, tetapi memang fasilitasnya banyak yang rusak. Sehingga cukup sulit mengambil air bersih di MCK,” ujar Nurul Ramadhan dari Tim Global Wakaf-ACT.

Fasilitas memang menjadi kendala utama bagi ketersediaan air bersih di Desa Donggulu Selatan. Tak hanya di masjid, hal ini juga menjadi masalah masyarakat secara umum. “Dataran di desa ini sebenarnya dataran rendah, sehingga ketersediaan air bersih mudah didapat. Hanya saja memang fasilitas yang kurang memadai,” kata Nurul.


Karena itu Global Wakaf-ACT membangun satu unit Sumur Wakaf beserta fasilitas MCK untuk jemaah Masjid Al-Khaliq. Sumur ini telah rampung dan dapat digunakan oleh jemaah sejak pertengahan April lalu.

“Kita berharap selain bermanfaat untuk sekitar 250 jemaah masjid, Sumur Wakaf ini juga dapat memenuhi kebutuhan air bersih bagi sekitar 300 kepala keluarga di sekitarnya,” jelas Nurul.

Nurul juga mengajak para dermawan untuk terus menebar kebaikan melalui program Sumur Wakaf. “Kami berharap melalui para dermawan, kita bisa meluaskan kemanfaatan Sumur Wakaf ke berbagai titik lainnya. Tidak hanya di Kabupaten Parigi Moutong, tapi juga di seluruh pelosok Indonesia lainnya yang membutuhkan,” harap Nurul. []