Sumur Wakaf Mengubah Kehidupan Muslim di Ghana Jadi Lebih Baik

Global Wakaf-ACT tidak henti menunaikan amanah wakif ke seluruh penjuru bumi, membangun kehidupan yang lebih baik. Kali ini, dana wakaf yang diamanahkan menjadi Sumur Wakaf membantu kehidupan komunitas muslim di wilayah Old Tafo, Kotamadya Abuakwa Utara, Ghana Selatan.

Sumur Wakaf Mengubah Kehidupan Muslim di Ghana Jadi Lebih Baik' photo
Sumur Wakaf yang dibangun secara bersama oleh para wakif di Global Wakaf-ACT. (ACTNews)

ACTNews, ABUAKWA UTARA – Jemaah Masjid Uthman bin Affan di wilayah Old Tafo, Kotamadya Abuakwa Utaa, Ghana, kini berbahagia. Seiring dengan pembangunan masjid yang hampir rampung, Sumur Wakaf buah derma wakif Indonesia telah siap digunakan.

Andy Noor Faradiba dari tim Global Humanity Response Aksi Cepat Tanggap melaporkan, pembangunan sumur dilakukan pada 11-23 November 2020. Sumur Wakaf pun dimanfaatkan hingga 1.000 jiwa komunitas muslim jemaah Masjid Uthman bin Affan, Old Tafo.

“Selain sebagai sumber air untuk keperluan jemaah beribadah di masjid, sumur bor yang kita bangun ini juga menjadi sumber air sehari-hari masyarakat. Pembangunan sumur bor sangat relevan karena menjadi sumur bor pertama yang dibangun beriringan dengan pembangunan masjid pertama di komunitas,” jelas Faradiba.

Ia melanjutkan, sebagian besar penerima manfaat dalam komunitas tersebut adalah masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah yang sebagian besar perempuan dan anak-anak. Mereka hidup rukun satu sama lain tanpa memandang perbedaan agama dan suku. Orang-orang saling bergantung satu sama lain dalam hal fasilitas umum.

Pembangunan Sumur Wakaf juga mendukung tujuan keenam pembangunan berkelanjutan (SDGs), yakni air bersih dan sanitasi layak. Secara langsung, pembangunan sumur wakaf bagi komunitas lokal berdampak pada kemudahan akses air secara gratis dan nyaman.

“Kondisi ini juga memberikan keamanan dan kenyamanan bagi perempuan dan anak-anak yang biasanya terpaksa melakukan perjalanan jauh untuk mengambil air,” ungkap Faradiba.

Salah satu warga penerima manfaat, Musa Ibrahim Munah (43), mengungkapkan kebahagiaan atas pembangunan Sumur Wakaf di Masjid Uthman bin Affan. Menurut Musa, pengadaan sumber air adalah bantuan terpenting. Masyarakat di sekitar masjid, yang tidak semuanya muslim, pun turut terbantu.

“Kami bergantung pada beberapa sumur untuk mendapatkan air. Namun sebagian besar sumur yang ada saat ini tidak memiliki air yang baik. Kami berterima kasih kepada Allah untuk proyek ini yang memberi kami air yang baik dan sehat,” kata pengajar di salah satu SMA di Old Trafo itu.

Hal yang paling berpengaruh bagi Musa dan keluarganya adalah mereka tidak harus mengeluarkan lebih banyak biaya untuk mendapatkan sumber air bersih. Sebelumnya, sebagai satu-satunya pencari nafkah, Musa harus mengeluarkan biaya cukup banyak untuk kebutuhan air. Ia harus memenuhi anggota sekitar 20 anggota keluarganya yang kebanyakan  anak-anak usia sekolah. 

Doa Musa pun teriring untuk para wakif dan dermawan Indonesia. “Semoga Allah memberi penghargaan kepada mereka yang sudah membangun sumur ini. Semoga para wakif diberi kemampuan untuk  menyediakan lebih banyak sumur kepada yang membutuhkan,” harapnya.[]

Bagikan

Terpopuler