Sumur Wakaf Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga Parepare

Sumur Wakaf yang dibangun sejak November tahun lalu di Desa Bilalange, Kelurahan Lemoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare sudah bisa dimanfaatkan warga. Sumur ini menjadi ikhtiar untuk mengatasi kelangkaan air karena pompa air yang rusak dan musim kemarau.

Seorang warga memanfaatkan Sumur Wakaf untuk berwudu. (ACTNews)

ACTNews, PAREPARE – Dalam memenuhi kebutuhan air bersih, masyarakat Desa Bilalange, Kelurahan Lemoe, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Provinsi Sulawesi  Selatan, mengandalkan sumur bor dan jaringan air dari PDAM. Namun beberapa bulan terakhir, sumber air yang berasal dari sumur bor tersebut mengalami kendala karena pompa air yang digunakan mengalami kerusakan. Sementara pada musim kemarau, jaringan PDAM mengalami kendala sehingga tidak dapat berfungsi secara normal.

Dampak dari kondisi tersebut, air bersih menjadi salah satu kebutuhan hidup yang langka bagi masyarakat. Untuk memperoleh air bersih, masyarakat harus mengantre dengan mengandalkan sumur yang ada di masjid sekitar, meskipun kualitas air sumur tersebut tidak layak konsumsi.

Sumur Wakaf pun dibangun pada November 2019 silam untuk memenuhi kebutuhan warga akan air bersih. Melalui program Sumur Wakaf, pengadaan sumur bor dan fasilitas MCK bagi warga Desa Bilalange akhirnya rampung dan siap untuk digunakan Ahad (12/7) kemarin.


Warga mengantre untuk menggunakan air dari Sumur Wakaf. (ACTNews)

“Kami melihat kebutuhan air bersih di Desa Bilalange selalu kurang, apalagi jika memasuki musim kemarau. Sumur Wakaf ini insyaallah dapat membantu masyarakat karena sumber air yang selama ini mereka butuhkan akhirnya tersedia,” ungkap Andi Syurganda dari Tim Program Global Wakaf - ACT Sulawesi Tenggara.


Setelah beberapa tahun masyarakat di Desa Bilalange kesulitan mendapatkan air bersih, hadirnya program Sumur Wakaf dari Global Wakaf – ACT ini diharapkan menjadi solusi atas kelangkaan air bersih bagi masyarakat setempat. Tidak hanya di Parepare, ratusan Sumur Wakaf juga telah tersebar di seluruh Indonesia dan melayani puluhan ribu jiwa.

“Pembangunan Sumur Wakaf ini adalah yang ke-295 dari total Sumur Wakaf yang ada di Indonesia. Seluruhnya bersumber dari para wakif yang berwakaf melalui Global Wakaf – ACT. Kita berharap ke depannya kedermawanan ini dapat terus berlanjut sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang dapat terbantu,” harap Andi Syurganda. []