Sumur Wakaf Permudah Pesantren Sirajul Athfal Dapatkan Air Bersih

Sumur Wakaf Permudah Pesantren Sirajul Athfal Dapatkan Air Bersih

Sumur Wakaf Permudah Pesantren Sirajul Athfal Dapatkan Air Bersih' photo

ACTNews, KAB. TANGERANG - Sudah hampir empat bulan, Pesantren Sirajul Athfal yang berlokasi di Desa Cibugel, Kabupaten Tangerang, menikmati aliran air bersih dari Sumur Wakaf. Melalui pipa yang tersambung ke Sumur Wakaf, air mengalir ke bak-bak mandi pesantren dan keran-keran yang digunakan untuk berwudu. Air tersebut juga dimanfaatkan untuk kebutuhan memasak maupun minum.

Air bersih dengan mudah diperoleh oleh keluarga beras Pesantren Sirajul Athfal. Situasi ini tidak pernah mereka rasakan sebelum hadirnya Sumur Wakaf. Oktober 2018 lalu, Pesantren Sirajul Athfal masih berhadapan dengan masalah kekurangan air bersih. Fasilitas MCK dan sanitasi yang mereka miliki selama ini tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan para santri. Kamar mandi yang mereka milikipun hanya ditutupi dengan kain penutup karena tidak adanya pintu permanen.

“Selama ini Pesantren Sirajul Athfal hanya mengandalkan donasi dari donatur. Karena keterbatasan dana, fasilitas yang ada pun menjadi belum sempurna, termasuk fasilitas kamar mandi dan tempat cuci yang tidak layak. Untuk kebutuhan air juga masih kurang karena harus memenuhi kebutuhan semua santri yang berjumlah sekitar 160 santri laki dan perempuan,” ungkap Rizki dari Tim Global Wakaf.

Kehadiran Sumur Wakaf yang selesai pada November 2018 ini tidak hanya mengalirkan air bersih tetapi juga membantu dalam mempertahankan kelangsungan hidup masyarakat di pesantren tersebut. “Kita bangun sumur bor kedalaman 50 meter. Dari sumber mata air kemudian disambungkan pipa agar langsung mengalirkan air bersih ke titik-titik strategis seperti tempat wudu, kamar mandi, hingga tempat mencuci baju dan piring. Kita juga lakukan peremajaan sarana sanitasi mereka untuk menunjang pemanfaatan Sumur Wakaf,” jelas Rizki.

Pemilihan Pesantren Sirojul Athfal tidak lepas dari ikhtiar Global Wakaf untuk membantu para santriberkebutuhan di sana. “Pesantren ini sendiri lahir dari rasa kepedulian terhadap anak-anak yatim dan kurang mampu. Di sini mereka ditampung dan bersekolah dengan gratis tanpa dipungut biaya sepersen pun. Bahkan, santri di sini berasal dari berbagai daerah seperti Bogor, Cilacap dan lainnya,” terang Rizki.

Rasa syukur datang dari segenap keluar besar Pesantren Sirajul Athfal. Riyadno selaku Ketua Yayasan Sirojul Athfal sangat bersyukur dengan adanya Sumur Wakaf ini. “Sebelumnya kami selalu kekurangan air bersih untuk wudhu, mandi, mencuci hingga kebutuhan konsumsi dan memasak.Terlebih saat musim kemarau. Alhamdulillah, berkat bantuan Wakaf Sumur yang difasilitasi Global Wakaf ACT kami saat ini sudah tidak kekurangan air lagi.Adanya sumur bor baru alhamdulillah sangat membantu kami.Airnya pun deras dan jernih sekali,” ujarnya.

Riyadno menuturkan, melalui Program Sumur Wakaf dari Global Wakaf ini, pesantrennya juga memiliki empat kamar mandi yang berkeramik dan tidak licin lagi, hasil renovasi Tim Global Wakaf. Fasilitas sanitasi yang dimilki menjadi lebih layak lagi.

“Sekali lagi kami ucapkan banyak terima kasih, kami doakan semoga Sumur Wakaf ini menjadi amal jariyah yang mengalirkan pahala dan keberkahan bagi pewakif beserta keluarga,” pungkas Riyadno. []

Tag

Belum ada tag sama sekali

Bagikan