Sumur Wakaf Permudah Sarana Ibadah Warga Desa Air Menduyung

Jemaah Masjid Baiturrahman, Desa Air Menduyung, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat kini tak perlu lagi kesulitan mencari air bersih untuk kebutuhan ibadah. Global Wakaf - ACT telah membangun dan meresmikan satu unit Sumur Wakaf untuk Masjid Baiturrahman pada Jumat (30/10) kemarin. Sebelumnya, warga menggunakan air yang kurang layak pakai dari dalam waduk.

Sumur Wakaf Permudah Sarana Ibadah Warga Desa Air Menduyung' photo
Peresmian Sumur Wakaf Masjid Baiturahman, Desa Air Menduyung, Kabupaten Bangka Barat secara simbolis. (ACTNews/Rahmanda)

ACTNews, BANGKA BARAT – Global Wakaf – ACT Bangka Belitung meresmikan Sumur Wakaf kedua di Kabupaten Bangka Barat, tepatnya di Masjid Baiturahman, Desa Air Menduyung, Kecamatan Simpang Teritip. Penyerahan bantuan Sumur Wakaf ini diresmikan oleh Camat Simpang Teritip dan dihadiri juga oleh Kepala Desa Air Menduyung, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baiturrahman, dan warga setempat pada Jumat (30/10) kemarin.

Sebelum adanya Sumur Wakaf ini, jemaah Masjid Baiturrahman dan masyarakat Desa Air Menduyung kesulitan memperoleh akses air bersih untuk berwudu dan MCK. Sebelumnya masyarakat biasanya mengambil air dari waduk yang kemudian ditampung di dalam wadah. Namun kondisi wadah penampungan air dan kualitas airnya sendiri kurang layak.

“Sumur Wakaf ini merupakan Sumur Wakaf kedua yang telah diresmikan oleh Global Wakaf - ACT Bangka Belitung. Ini merupakan ikhtiar bersama para wakif dan Sahabat Dermawan untuk membantu jemaah Masjid Baiturrahman dan masyarakat Desa Air Menduyung untuk memperoleh akses air bersih dan mempermudah mereka untuk melaksanakan ibadah,” kata Boby Bagaskara dari Tim Program Global Wakaf - ACT Bangka Belitung.


Kasnah selaku perwakilan RT yang ikut hadir saat peresmian penyerahan bantuan Sumur Wakaf, menyampaikan rasa bahagia dan terima kasih dengan adanya sumur tersebut. “Alhamdulillah, dengan adanya Sumur Wakaf ini masyarakat Desa Air Menduyung bisa menggunakan air yang bersih dan bening untuk berwudu. Dan air Sumur Wakaf ini juga bisa digunakan masyarakat ketika kemarau melanda (untuk kebutuhan pribadi),” ungkap Kasnah.

Selain meresmikan Sumur Wakaf, Global Wakaf – ACT Bangka Belitung juga menghadirkan ulama Al Habib Husein bin Umar Assegaf untuk mengisi tausiah tentang kekuatan wakaf untuk umat dan kisah-kisah tentang Rasulullah SAW. Setelah mendengarkan tausyiah dari Habib, masyarakat Desa Air Menduyung dan tim ACT-MRI Bangka Belitung juga melaksanakan acara nganggung (syukuran dan makan bersama) dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Terima kasih untuk para Pewakif yang sudah berwakaf melalui Global Wakaf - ACT Bangka Belitung, semoga Sumur Wakaf ini dapat menjadi pahala jariyah untuk para pewakif. Kami mengajak Sahabat Dermawan untuk berwakaf tunai membangun Sumur Wakaf selanjutnya yang Insyaallah akan dibangun di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melalui Indonesia Dermawan atau melalui BNI Syariah di nomor 6600001146 atas nama Yayasan Global Wakaf,” ajak Shafia. []