Sumur Wakaf Permudah Warga Ghana Dapatkan Air Bersih

Sumur Wakaf dari pewakif Indonesia dibangun di Distrik Kwabere, Mamponteng, Ghana. Masyarakat sekitar pun tak perlu lagi pergi bermil-mil untuk mendapatkan air, sebab sudah tersedianya Sumur Wakaf di wilayah mereka.

sumur wakaf ghana
Sumur Wakaf di Kwabere, Mamponteng, Ghana. (ACTNews)

ACTNews, MAMPONTENG – Ghana merupakan negara di Afrika Barat yang memiliki berbagai permasalahan kemanusian. Salah satu yang terbesar adalah ketersediaan air. Kemarau yang dominan membabkan sumber air mengering. Selain itu, kebijakan Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia mendorong harga air dijual sesuai harga pasar. Hal ini membuat warga miskin di Ghana harus mengeluarkan setengah pendapatannya hanya untuk membeli air.

Lebih dari 3 juta warga Ghana diperkirakan kekurangan air dalam kehidupan sehari-hari. Keadaan ini mendasari program pembangunan Sumur Wakaf di Ghana. Pada Januari ini, Global Wakaf-ACT membangun Sumur Wakaf pewakif di Indonesia di Distrik Kwabere, Mampongten, Ghana.

Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Response (GHR) ACT menjelaskan, masyarakat di distrik ini memiliki permasalahan air yang cukup parah. Wanita dan anak-anak harus mengambil air di sumber air dengan jarak bermil-mil.

"Insyaallah, pembangunan sumur ini dapat memenuhi kebutuhan air bagi dua ribu jiwa. Para ibu dan anak-anak tidak perlu lagi berjalan jauh untuk mengambil air," kata Firdaus, Selasa (18/1/2022).

Selain untuk konsumsi, Sumur Wakaf ini juga bermanfaat dalam membantu komunitas muslim untuk beribadah. Populasi muslim di  di Distrik Kwabere cukup tinggi dibanding wilayah lainnya.[]