Sumur Wakaf, Salah Satu Maslahat Wakaf Dermawan Indonesia untuk Palestina

Wakaf dermawan Indonesia dikelola Global Wakaf - ACT untuk membantu masyarakat Palestina. Sumur Wakaf merupakan salah satu program yang hadir dari pengelolaan dana wakaf.

Pekerja membangun Sumur Wakaf di wilayah Al Qadisiya Al Maghraqah, Gaza. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Pembangunan sumur sedalam 48 meter di wilayah Al Qadisiya, Al Mughraqa, Gaza, oleh Global Wakaf - ACT hampir sepenuhnya selesai. Sumber air di wilayah padat penduduk itu sudah dilakukan sejak Agustus lalu.

Al Qadisiya merupakan salah satu wilayah kering. Warga di sana harus mencari air ke desa lain, sebagaimana diceritakan Anam Ahmed Aljobairy (32), seorang ibu rumah tangga.

“Sebelumnya kami mendapatkan dari tempat yang jauh menggunakan kereta dorong. Daerah ini terpinggirkan, semua orang membutuhkan air tetapi kami tidak mendapatkannya. Karena kami tidak mendapatkannya, kami harus pergi jauh untuk mencari air untuk anak anak kami. Terima kasih ACT dan masyarakat Indonesia,” kata Anam kepada mitra Global Wakaf - ACT di Gaza.

Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Response - ACT menerangkan, Sumur Wakaf di wilayah Al Maghraqah dimanfaatkan oleh  1.742 jiwa. Sumur dapat mengeluarkan air sekitar 50.000 liter per jam dan disalurkan ke rumah-rumah warga menggunakan pipa.

“Sebelum pandemi pun, masyarakat Al Maghraqah sudah mengalami krisis air. Kondisinya sempat semakin sulit saat warga harus menjaga kesehatan dari penularan virus corona baru, tetapi secara komunal mencari air bersih ke desa-desa lain. Belum lagi, mereka harus menempuh jarak jauh untuk mendapatkan air bersih,” kata Said. September ini beban masyarakat Al Maghraqah pun berkurang, Sumur Wakaf sudah bisa digunakan.

Air menjadi salah satu masalah terburuk dalam kehidupan sehari-hari 2,1 juta masyarakat Gaza. Saat ini sebagian masyarakat Gaza di wilayah-wilayah kehadiran sumur wakaf sudah dapat mengakses air bersih secara gratis, dapat mengurangi penyakit karena sanitasi buruk, dan lingkungan yang lebih bersih.

Sahabat Dermawan bisa juga mendukung dapat langsung mengunjungi website Indonesia Dermawan atau transfer melalui nomor rekening BNI Syariah #6600000346 atas nama Yayasan Global Wakaf.[]